Monday, October 21, 2019
Home News 6 Teknologi yang Digunakan Piala Dunia 2018

6 Teknologi yang Digunakan Piala Dunia 2018

-

Jakarta, Selular.ID – Era kemajuan teknologi saat ini membawa dampak besar bagi seluruh aspek kehidupan. Salah satu penerapan teknologi pada ajang Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia, mulai tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

Dilansir dari laman South China Morning Post (SCMP), teknologi tersebut digunakan untuk memberikan kenyamanan bagi para pemirsa yang menyaksikan pertandingan World Cup 2018. Terutama bagi yang tidak sempat menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 secara langsung dan menontonnya melalui siaran televisi.

Baca juga : Brand-Brand China Menjadi Penyelamat Piala Dunia 2018

Teknologi yang digunakan pada ajang Piala Dunia 2018 ini berbeda dengan sebelumnya. Inovasi teknologi ini memuat daftar cara untuk menonton Piala Dunia 2018. Berikut sejumlah teknologi yang digunakan pada ajang Piala Dunia 2018.

Baca juga : Tips Cegah Penipuan Tiket Piala Dunia 2018 ala Kaspersky

  1. Chip NFC pada bola Adidas Telstar 18

Piala Dunia 2018 ini merupakan kali pertama yang menggunakan teknologi chip NFC pada bola yang digunakan yakni Adidas Telstar 18. Chip NFC pada Adidas Telstar 18 memungkinkan pemirsa berinteraksi dengan bola melalui smartphone. Pada interaksi, bola pintar ini menghasilkan pengenal unik, kompetisi khusus serta membuka konten eksklusif dan informasi tentang Piala Dunia 2018.

Melalui bola tersebut, Anda dapat mengabadikan momen pertandingan seru dengan fitur video recording. Telstar 18 tersedia untuk dijual di toko-toko ritel Adidas dan online.

  1. Peralatan komunikasi canggih

FIFA 2018 Cameras

FIFA menghadirkan sejumlah peralatan kominikasi canggih pada Piala Dunia 2018 ini, salah satunya kamera. Semua stadion tempat pertandingan berlangsung dilengkapi dengan teknologi garis gawang yang memproses informasi dari 14 kamera.

Semua kamera memiliki kecepatan tinggi ketika mengirimkan informasi dalam waktu satu detik ke jam tangan wasit. Informasinya menunjukkan ketika seluruh bola telah melewati garis gawang.

Staf teknis dan medis dari tim yang berpartisipasi akan memiliki workstation khusus pada tribun media dan jalur khusus untuk berkomunikasi dengan staf pembinaan dan medis di bangku cadangan. Data posisi dari dua kamera pelacakan optik yang terletak di tribune utama yang melacak pemain dan bola akan tersedia untuk para analis secara real time bersama cuplikan video langsung dari kamera yang dipilih. Semua informasi yang disajikan kamera tersebut hadir secara real-time.

  1. Hisense’s new World Cup Special AI (artificially intelligent) TV

Hisense TV AI

Bagi yang menyaksikan pertandingan sepak bola Piala Dunia 2018, FIFA menghadirkan Hisense’s new World Cup Special AI (artificially intelligent) TV. TV AI besutan Hisense ini didukung teknologi pengenalan wajah yang secara otomatis dapat mengenali semua 1.000 pemain secara individual. Anda cukup mengklik tombol untuk melihat informasi seperti nama pemain, performa dan informasi lainnya seputar Piala Dunia 2018.

TV ULED 4K ini dapat mengenali adegan apa pun dan mampu beralih ke mode olahraga dengan cepat. Asisten pelatih Jerman, Thomas Schneider menggunakan PC tablet untuk mengawasi jalannya pertandingan sebelum final Fifa Confederations Cup 2017 antara Chili dan Jerman di Saint Petersburg beberapa waktu lalu. Setelah itu, informasi tersebut dapat disaksikan di TV AI Hisense edisi spesial Piala Dunia 2018.

  1. Video Assistant Referee (VAR)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia FIFA, tim Video Assistant Referee (VAR) pada turnamen ini beranggotakan empat orang yang meliputi seorang wasit dan tiga asisten. Beroperasi dari ruang operasi video di Moskow, tim VAR memiliki akses ke 33 kamera siaran termasuk 8 kamera super slow-motion, 4 kamera ultra slow-motion cameras dan 2 kamera offside. Melalui kamera tersebut, tim VAR memantau kesalahan dan pelanggaran yang terjadi selama pertandingan berlangsung serta dapat membatalkan keputusan wasit bahkan jika pemutaran video telah dilanjutkan.

Sebelumnya, teknologi VAR telah digunakan dalam pertandingan grup Piala Dunia U-20 FIFA antara Arab Saudi melawan Senegal di Incheon, Korea Selatan. Teknologi VAR telah digunakan sebelumnya di berbagai liga olahraga dan kompetisi di seluruh dunia. FIFA mengatakan bahwa teknologi VAR membantu meningkatkan integritas dan keakuratan dalam pertandingan.

  1. Jaringan 5G

Kompetisi Piala Dunia 2018 ini menggunakan jaringan 5G untuk koneksi internet lebih stabil. Saat ini di Rusia sedang ujicoba jaringan 5G oleh sejumlah penyedia layanan network dan operator.

Baca juga : Indosat Ooredoo Tawarkan Paket Khusus Piala Dunia 2018

  1. UberEATS

UberEATS

Supply makanan bagi para pemain, tim official dan penonton disediakan oleh UberEATS. Menu makanan yang disajikan UberEATS cukup beragam. Mulai dari makanan sehat untuk para pemain tersaji di UberEATS.

Latest