Jakarta, Selular.ID – Sebagai official mobile platform partner Asian Games 2018, bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov SumSel), Grab menandatangani Nota Kesepahaman terkait pembangunan shelter pendukung di stasiun-stasiun LRT Kota Palembang sejalan dengan komitmen Grab untuk mendukung terciptanya sistem transportasi yang modern dan terintegrasi di Tanah Air dan menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director, Grab Indonesia menyampaikan bahwa kerja sama strategis dengan Pemprov SumSel ini menegaskan komitmen Grab terhadap Indonesia yang tertuang dalam master plan 2020 ‘Grab 4 Indonesia’, dimana Grab menginvestasikan USD700 juta untuk masa depan Indonesia.

“Target Grab adalah menjadi platform layanan satu pintu terpadu yang menjawab segala kebutuhan mobilitas dan menciptakan jaringan transportasi yang lebih efisien guna mengurangi kemacetan lalu lintas di kota-kota mega di Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan menjadikan mobilitas semakin mudah diakses untuk semua kalangan masyarakat. Penandatangan kerja sama strategis hari ini menunjukkan kepercayaan dan dukungan Pemprov SumSel kepada Grab untuk turut berkontribusi menghadirkan alternatif solusi untuk mengurangi kemacetan dalam menyukseskan Asian Games 2018 mendatang,” kata Ridzki.

BACA JUGA:
Tahun Baru, Grab Banjir Order

Shelter-shelter pendukung tersebut akan dibangun di sembilan stasiun LRT Palembang termasuk Stasiun Asrama Haji; Stasiun Telkom; Stasiun RSUD; Stasiun Dishub sebanyak dua titik shelter; Stasiun Palembang Icon sebanyak dua titik shelter; Stasiun Ampera; dan Stasiun Gub. Bastari. Berlokasi di titik terdekat akses masuk stasiun LRT, shelter pendukung juga akan dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi publik dengan baterai bertenaga surya (solar power). Penggunaan tenaga surya sebagai sumber energi terbarukan merupakan wujud dukungan Grab terhadap visi pemerintah akan teknologi yang berwawasan lingkungan.

BACA JUGA:
Menhub: Kesejahteraan Pengemudi Transportasi Online Harus Diperhatikan

Sementara itu, Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan, mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia bergantung pada pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan, termasuk jaringan transportasi publik yang efisien.

“Kemajuan teknologi berperan penting dimana layanan seperti Grab dapat membantu peningkatan mutu pelayanan transportasi melalui integrasi dengan layanan transportasi publik seperti LRT yang tengah kami bangun untuk mensukseskan pergelaran Asian Games 2018,” ungkapnya.

Penandatangan kerja sama strategis ini dilaksanakan di sela-sela acara sosialisasi Asian Games 2018 kepada ribuan mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike sekaligus perayaan satu tahun kehadiran Grab di Bumi Sriwijaya.

Baca juga: Toyota Investasi Rp14 Triliun di Grab

“Menjadi tuan rumah merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia dan kami siap mendukung Indonesian Asian Games Organisation Committee (INASGOC) menunjukkan keramahan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia dan potensi Tanah Air sebagai kekuatan ekonomi baru dunia. Mari jadikan Asian Games edisi ke-18 di Jakarta dan Palembang menjadi momen yang tak terlupakan bagi kita semua.” tutup Ridzki.

BACA JUGA:
Cabut Suspend Driver, Ini Syarat dari Grab

Grab kini beroperasi di 217 kota di delapan negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia di mana Grab melayani kebutuhan masyarakat Tanah Air akan layanan transportasi (mulai dari GrabCar, GrabBike, GrabTaxi hingga layanan carpooling sosial, GrabHitch Car) serta layanan pesan-antar makanan (GrabFood) dan pengantaran paket (GrabExpress) yang aman, nyaman, dan terjangkau, serta pembayaran mobile (OVO) melalui aplikasi Grab di 132 kota mulai dari Aceh hingga Papua.