Tuesday, July 16, 2019
Home Devices Garmin Bisa Menjadi Kuda Hitam di Pasar Smartwatches

Garmin Bisa Menjadi Kuda Hitam di Pasar Smartwatches

-

Jakarta, Selular.ID – Meski masih berada di bawah wearable bands, permintaan jam tangan pintar atau smartwatches terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan kajian yang dilakukan lembaga riset Canalys, pengapalan produk-produk wearable bands tumbuh 35% (YoY) pada Q1-208 hingga mencapai 20,5 juta unit.

Sementara smartwatches hanya menyumbang 43% dari pengiriman wearable devices secara keseluruhan. Meski demikian, kontribusi dari produk ini mencapai 80% dari total pendapatan, atau naik 74 persen dibandingkan periode yang sama pada 2017.

Sejauh ini, Apple dan Xiaomi merupakan dua vendor teratas dengan sekitar 18% pengiriman, disusul pemain-pemain lain, seperti FitBit, Garmin, dan lainnya.

Analis senior Canalys, Jason Low mencatat bahwa Apple Watch 3 telah menjadi kunci keberhasilan vendor dengan logo apel tergigit itu. Low mengatakan, daftar operator yang menjual LTE Apple Watch di seluruh dunia terus bertambah setiap bulannya.

Apple tercatat memiliki sekitar 59% pangsa seluler yang diaktifkan di pasar smartwatch. Namun Low mengatakan masih ada kue untuk pemain lain yang muncul di ekosistem Android.

Baca juga: Berkat Teknologi Ini, Apple Watch Bisa Deteksi Hipertensi dan Apnea

“Jika Google memutuskan untuk mengejar peluang dengan Pixel Watch yang digosipkan, itu akan melejitkan kompetisi yang sangat dibutuhkan di ruang ini,” katanya.

Sementara Fitbit adalah vendor terbesar ketiga secara keseluruhan dengan pangsa pasar sebesar 11%. Tempat keempat diduduki oleh Garmin dengan market share sebesar 7%.

Analis riset Canalys, Vincent Thielke mengatakan bahwa transisi Garmin ke jam pintar berlangsung cepat karena keahlian GPS yang sangat dibutuhkan untuk atlet ketahanan dan penggemar kegiatan luar ruang.

Baca juga: Jam Tangan Analog dari Garmin Ini Juga Pintar

Dia mencatat perusahaan secara jeli menambahkan fitur seperti Garmin Pay dan penyimpanan musik sebagai upaya untuk menarik pengguna baru.

Dengan berbagai fitur tersebut, Garmin bisa menjadi kuda hitam di pasar wearable device, khususnya smartwacth yang permintaannya semakin ekponensial di masa datang, tambah Vincent.

Latest