Jakarta,Selular.ID – Aktivitas mudik merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Guna mengantisipasi lonjakan traffik serta mendapatkan layanan akses digital yang lebih baik bagi penggunanya selama pulang kampung dan libur panjang Lebaran 2018 XL sudah mempersiapkannya.

Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, menjelaskan, guna meningkatkan kenyamanan masyarakat yang akan melakukan aktifitas mudik dan berlibur, XL Axiata berkomitmen untuk bisa menyajikan tiga hal dalam layanan akses digital, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman.

Dikatakan Yessie, jaringan 3G/4G XL Axiata semakin luas dengan penambahan 8500 BTS baru sebelum Lebaran 2018.

“Saat ini, mustinnya semakin banyak masyarakat dan pelanggan yang bisa mendapatkan akses digital karena jaringan data XL Axiata telah menjangkau 93% populasi Indonesia, termasuk kabupaten dan kecamatan di luar Jawa,” tutur Yessie di sela-sela buka Puasa bersama di Jakarta (04/06/18).

Khusus untuk layanan 4G LTE dengan keunggulan akses digital yang lebih cepat, XL Axiata sudah menyediakan layanan ini di semua kota-kabupaten di Jawa dan sebagian besar di Sumatera serta Kalimantan.

BACA JUGA:
XL Axiata Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Tanah Longsor Sukabumi

Dikatakan Yessie, untuk meningkatkan kualitas akses digital.Beberapa di antaranya adalah Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G. Termasuk dalam Teknologi 4.5G ini adalah LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4X4 MIMO. Saat ini, layanan 4.5G sudah tersedia di sekitar 100 kota.

Karena itu menurut Yessie, XL Axiata tak begitu kesulitan untuk memperkuat jaringan di sepanjang jalur utama transportasi darat di pulau-pulau besar tersebut. Di Jawa, jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan, termasuk di sepanjang jalur kereta api, hampir semuanya telah terselimuti layanan 4G LTE.

Hal ini juga tak terlepas dari upaya perluasan jaringan internet cepat 4G LTE secara cepat dan terus menerus di semua area di Jawa dan luar Jawa dalam dua tahun terakhir.

BACA JUGA:
Bali Alami Kenaikan Trafik Paling Tinggi di Jaringan XL Axiata

Bahkan menurut Yessie untuk mendukung mudik tahun ini, XL Axiata pun telah menyiapkan jaringan internet cepat tersebut di sepanjang jalur jalan tol trans Jawa, dari Jakarta  Surabaya, termasuk di banyak ruas tol baru.

Ini juga mencakup ruas tol yang masih fungsional. Hasilnya, lebih dari 97% area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya itu sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE.

“Jalur utama non tol yang menyusuri sepanjang pantai utara Jawa, ruas yang ter-cover 4G LTE mencapai lebih dari 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Pada jalur kereta api, lebih dari 90,5% terselimuti 4G LTE,”tutur Yessie.

Untuk memperkuat kualitas jaringan di berbagai lokasi karena bertambahnya jumlah pengguna dan trafik di suatu area, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas radio transmisi dan menempatkan sedikitnya 49 unit mobile BTS.

BACA JUGA:
XL Axiata Terus Perkuat Jaringan Data di Sumatera

“Area yang rawan terjadi lonjakan trafik termasuk di tempat-tempat pemberangkatan transportasi massal seperti bandar udara, terminal bus, pelabuhan laut, serta tempat penyeberangan antarpulau,”kata Yessie.

Dengan tersedianya jaringan data yang lebih luas dan secara kualitas juga lebih stabil dan cepat, maka XL Axiata berharap segala macam akses digital yang dibutuhkan pelanggan dan masyarakat bisa terpenuhi.

Selain menyediakan jaringan yang berkualitas, XL Axiata juga menghadirkan sejumlah produk yang bisa menjadi sarana bagi pelanggan mudik dan berlebaran.

Salah satunya apada layanan XL Prioritas. Pelanggan berkesempatan mendapatkan diskon 60% untuk mendapatkan layanan pascabayar ini. Caranya mudah, yaitu dengan pelanggan datang ke XL Center, Authorized Sales Point (ASP), Retail Outlet with Device (RODE) yang bekerjasama dengan XL Prioritas, atau melalui telesales.