Jakarta,Selular.ID-WhatsApp menjadi aplikasi pesan singkat yang cukup diandalkan penggunanya.Sehingga WhatsApp menjadi aplikasi wajib di smartphone Android dan iOS.

Namun dalam waktu dua tahun ke depan tepatnya Februari 2020, WhatsApp akan berhenti memberikan dukungan pada sistem operasi Android 2.3.7 Gingerbread.

Seperti diberitakan The Verge, WhatsApp memiliki alasan kenapa tidak support di sisitem Android tersebut. Pasalnya sistem operasi buatan Google itu sudah cukup lawas, usianya mencapai delapan tahun..

BACA JUGA:
Tahun Depan WhatsApp Akan Disusupi Iklan di Status

Android 2.3.7 Gingerbread dirilis ke publik pertama kali pada 2010. Sekarang, jumlah penggunanya juga kian menipis.

Selain menghentikan dukungan untuk Android tipe tersebut, WhatsApp juga mengumumkan bakal berhenti mendukung iOS 7 dan sejumlah versi iOS yang lebih lawas.

Hal ini berarti perangkat apa pun yang masih memakai sistem operasi Android Gingerbread, serta iOS lawas tidak akan bisa lagi menjalankan aplikasi WhatsApp sebagai alat pengiriman pesan instan.

BACA JUGA:
WhatsApp Mendarat di Tablet Android

Berarti smartphone seperti Sony Xperia Advance, Xperia U, Xperia Go, Samsung Galaxy S2, Motorola Fire, dan MotoLuxe, Nokia S40 pun sudah tidak lagi bisa memakai WhatsApp selepas 31 Desember 2018. Karena diketahui smartphone tersebut mwnggunakan Android Gingerbread,

Data yang dirilis oleh Google pada Mei 2018 lalu, saat ini hanya 0,3 persen dari total pengguna Android yang masih memakai Android Gingerbread. Namun raksasa internet itu tak merinci perangkat model apa saja yang masih memakai sistem operasi lawas tersebut.

BACA JUGA:
Cara Ubah Suara Notifikasi Facebook Messenger dan WhatsApp

Pada 2011 dan 2012 sendiri terdapat cukup banyak smartphone yang masih memakai Android 2.3.7 Gingerbread.