Jakarta, Selular.ID – Menurut data dari perusahaan analisis Counterpoint, sebanyak 360 juta smartphone dikapalkan pada kuartal pertama 2018. Perusahaan riset menyebut Samsung sebagai pemimpin global dalam pengiriman ponsel dan smartphone untuk Q1 2018.

Dalam hal pangsa pasar smartphone, Samsung berhasil mengirimkan ponsel 78 juta atau mengambil porsi 22% dari total smartphone yang dikirimkan dalam tiga bulan mulai Januari.

BACA JUGA:
Oppo dan Realme Tidak Saling Kanibal

Apple mengirim 52.2 juta iPhone untuk mendapatkan pangsa 15% dan berada di tempat kedua secara global.

Huawei berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 11%, yang mencakup smartphone merek Huawei dan Honor.

Khusus di pasar Asia, Counterpoint melaporkan raksasa Samsung berada sejajar dengan Huawei, Oppo dan Xiaomi, dalam menikmati potongan kue sebesar 13% sementara Apple menjadi yang kelima dengan 12%.

BACA JUGA:
Huawei Mate 20 Pro Terima Pembaruan Terbesar Kedua

Di negara Amerika Utara, Apple mendominasi pasar dalam negeri dengan perolehan hampir 40% dari pengiriman di sana. Samsung menempati posisi kedua dengan 27%.

Di Eropa, peta permainan terbalik, Samsung adalah pemimpin dengan 33% dan Apple di urutan kedua dengan 20%.

Secara keseluruhan, Counterpoint melihat total pengiriman smartphone global menurun 3% dari tahun ke tahun.

BACA JUGA:
Kamera Tetap Jadi Fokus Pengembangan Produk Vivo

Pengapalan Samsung YoY turun 3%, Apple tumbuh 3% tetapi Xiaomi mengalami peningkatan terbesar yakni 101%. Selama Q1 2018, Xiaomi mengirim 27 juta smartphone, dibandingkan dengan 13,4 juta Q1 tahun lalu.

Baca juga: IDC: Top 5 Vendor Smartphone Global Q1 2018

Dalam hal pengiriman ponsel total (termasuk smartphone), Samsung meraih 17% dari total dengan Apple di urutan kedua dengan 11%.