Jakarta, Selular.ID – Jumlah pengiriman smartphone global untuk kuartal pertama 2018 telah keluar. Secara keseluruhan, menurut laporan International Data Corporation (IDC), pengiriman smartphone menurun hampir 3 persen dari tahun ke tahun dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2017.

Dari Januari hingga April 2017, pengiriman smartphone mencapai 344,4 juta unit, sementara periode yang sama tahun ini ‘hanya’ sebesar 334,3 juta unit, atau turun 2,9 persen.

Penurunan paling signifikan secara global terjadi di China, yang mencatat kurang dari 100 juta smartphone terkirim kuartal ini, angka pengiriman terendah sejak 2013.

Namun jangan salah, kendati angka-angka itu menggambarkan penurunan, namun dari sudut pandang nilai pasar smartphone masih meningkat, dan kemungkinan akan terus berlanjut untuk beberapa tahun mendatang.

Kian hari orang kian bergantung pada smartphone, sehingga nilai perangkat itu pun turut naik.

BACA JUGA:
Setelah China, Apple Tak Boleh Jualan iPhone di Jerman

Ketika dikerucutkan pada lima vendor global smartphone teratas: Samsung, Apple, Huawei, Xiaomi, dan Oppo, empat perusahaan mempunyai berita baik kecuali Oppo.

IDC: Pengiriman smartphone Q1 2018

Samsung

Raksasa ponsel pintar Korea Selatan ini dengan mudah memegang tempat pertama untuk pangsa pasar smartphone dengan 23,4 persen. Namun, itu penurunan 2,4 persen dari waktu yang sama tahun lalu. Ini kemungkinan besar karena Xiaomi mengambil pangsa pasar dari hampir semua perusahaan.

Apple

Pangsa pasar Apple naik 2,8 persen, dari 14,7 persen pasar menjadi 15,6 persen. Harga jual rata-rata perusahaan juga naik, kemungkinan karena titik harga tinggi dari iPhone X.

Huawei

Pangsa pasar Huawei melonjak ke titik tertinggi sepanjang waktu bagi perusahaan di 11,8 persen, naik 13,8 persen dibandingkan dengan 10 persen pangsa pasar tahun lalu.

BACA JUGA:
2019, Oppo Investasikan Rp21 Trilyun Untuk R&D

Xiaomi

Seperti yang disebutkan, grafik Xiaomi benar-benar luar biasa. Pangsa pasar perusahaan melonjak 87,8 persen pada kuartal pertama 2018. Xiaomi kini memiliki 8,4 persen dari pasar dibandingkan dengan 4,3 persen tahun lalu.

Oppo

Hal yang kurang terlihat bagus bagi produsen China Oppo, karena pangsa pasarnya turun 7,5 persen dari tahun ke tahun. Namun, pangsa pasarnya masih terlihat sehat di besaran 7,1 persen dibandingkan dengan 7,5 persen di periode yang sama tahun lalu.

Selebihnya produsen smartphone di seluruh dunia seperti LG, Vivo, OnePlus, Google, dll, secara kolektif kehilangan pangsa pasar cukup besar. Di luar lima besar, pangsa pasar “mereka” turun 18,5 persen dari 40,2 persen pada 2017 menjadi 33,7 persen pada 2018. Dengan begitu, kita tahu di mana angka lompatan Xiaomi di pangsa pasar berasal.

BACA JUGA:
Huawei Mate 20 Pro Hands-on: Monster Kamera

Berita paling menyedihkan dari kuartal pertama tahun ini, berkisar pada ZTE. Pengiriman global kuartal pertama perusahaan Cina, menurut The South China Morning Post, turun hampir setengahnya, sebesar 46 persen, dari 13,3 juta unit menjadi 7,2 juta unit.

Anda mungkin berpikir hal itu berkaitan dengan sanksi perdagangan Amerika yang ditujukan pada ZTE, tetapi itu hanya terjadi beberapa minggu yang lalu dan tidak akan membuat banyak dampak pada angka-angka di atas.

Baca juga: IDC : Smartphone Low-End Mendominasi Pasar Sepanjang 2017

Peringkat global ZTE turun satu tempat ke nomor sembilan dan pangsa pasarnya turun dari 3,6 persen menjadi 2 persen.