Jakarta,Selular.ID – Sejak satu tahun belakangan, WhatsApp menguji coba layanan pembayaran baru. Fitur ini telah dilakukan uji beta selama beberapa bulan terakhir dan akhirnya ada di tangan beberapa pengguna.

Kabarnya, sistem pembayaraan sudah diuji satu orang penggunanya. Perusahaan bekerja dengan pemerintah India, National Payments Corporation of India (NPCI) di samping bank-bank di kawasan itu untuk memperluas layanan kepada lebih banyak pengguna.

BACA JUGA:
Begini Reaksi Pengguna Jika WhatsApp Disusupi Iklan

Tidak hanya itu, untuk meresmikan layanannya, WhatsApp telah menerima izin dari NPCI untuk bekerja dengan bank untuk melakukan transaksi langsung melalui Antarmuka Pembayaran Terpadu (UPI).

UPI adalah sistem pembayaran yang dibuat oleh NPCI yang memfasilitasi transaksi antar bank.

Nantinya, setelah WhatsApp mengimplementasikan fitur barunya, kabarnya WhatsApp akan dapat menyaingi Apple Pay Cash yang memungkinkan pengguna mengirim uang peer-to-peer melalui iMessag seperti diberitakan The Verge.

BACA JUGA:
Cara Ubah Suara Notifikasi Facebook Messenger dan WhatsApp

WhatsApp menyebutkan, fitur pembayaran ini umpan baliknya sangat positif, dan orang-orang menikmati kemudahan mengirim uang sesederhana dan aman seperti mengirim pesan.

Baca juga: Ini Negara Pertama yang Kebagian WhatsApp Payment

WhatsApp belum mengumumkan kapan fitur pembayaran akan dikeluarkan dari pengujian dan dirilis ke semua penggunanya. Namun jika sudah mengantongi ijin, mengisyaratkan akan hadir dalam waktu dekat.