spot_img
BerandaNewsSocial MediaBegini Algoritma Instagram Bekerja

Begini Algoritma Instagram Bekerja

-

Jakarta, Selular.ID – Jika Anda penasaran dengan tampilan postingan di Instagram, perusahaan mengungkapkan bagaimana timnya mengatur feed (deretan konten) pengguna, termasuk bagaimana ia mempertimbangkan berbagai faktor dalam algoritmanya.

Hingga saat ini, feed Instagram adalah semacam misteri. Postingan dari anggota keluarga dan teman dekat muncul di bagian atas, yang merupakan tujuan dari keputusan perusahaan untuk menjauh dari feed terbaru-muncul-teratas pada tahun 2016, tetapi cara aplikasi mengisi kekosongan di antara ‘lingkaran dalam’ itu sedikit misterius.

Dilansir Selular.ID dari TechCrunch (1/6/2018), Product Lead Instagram Julian Gutman menjelaskan, ia menempati tiga faktor utama saat membuat feed pengguna: minat, keterkinian, dan hubungan.

Minat adalah seberapa banyak Instagram menganggap Anda peduli dengan sebuah postingan, yang paling penting jelas diletakkan paling atas. Keterkinian berarti Instagram memprioritaskan postingan baru, dan hubungan Anda dengan sebuah akun tentu saja juga dipertimbangkan.

Semakin Anda berinteraksi dengan seseorang di platform, semakin besar kemungkinan Anda melihat kontennya di masa mendatang.

Instagram juga mempertimbangkan tiga faktor lain: frekuensi, mengikuti, dan penggunaan.

Frekuensi adalah seberapa sering Anda benar-benar membuka aplikasi, karena Instagram ingin menampilkan postingan terbaik sejak terakhir kali Anda buka.

Mengikuti berarti jika Anda mengikuti banyak orang, Instagram mungkin mengurangi postingan dari satu orang tertentu (karena ia banyak memposting) sehingga Anda bisa melihat lebih banyak postingan dari semua orang yang Anda ikuti.

Penggunaan adalah berapa lama Anda menghabiskan waktu di Instagram, sehingga aplikasi menentukan kapan untuk menampilkan postingan terbaik dan apakah Anda akan melihat postingan yang kurang penting.

Instagram juga meluruskan beberapa kesalahpahaman. Sistemnya tidak mempertimbangkan opsi feed yang-terbaru-yang-paling-atas, jadi Anda ‘harus’ menerima yang ada sekarang.

Julian juga menegaskan timnya tidak menyembunyikan/melenyapkan postingan apa pun di feed. Jadi jika Anda terus menggulir ke bawah, Anda akan melihat semua portingan dari semua orang yang Anda ikuti.

Instagram juga mengatakan mereka tidak menurunkan-peringkat-pengguna hanya karena terlalu sering posting atau menyertakan terlalu banyak hashtag.

Dengan penjelasan Julian, jelas sekali Instagram menunjukkan postingan dari orang yang Anda sayangi lebih dulu, dan memang itulah yang seharusnya dilakukan oleh algoritme yang efisien.

Baca juga: Permudah Pengguna Tutup Akun, Instagram Rilis Download Data

Namun banyak orang yang mengkhawatirkan apakah postingan mereka benar-benar muncul di feed seseorng karena tidak sedikit orang yang mata pencaharian dan bisnisnya bergantung pada platform milik Facebook tersebut.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru