Kamis, 23 Mei 2024
Selular.ID -

Permudah Pengguna Tutup Akun, Instagram Rilis Download Data

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Setara dengan Download Informasi di Facebook, Instagram juga mengeluarkan fitur sama yang dinamakan Download Data. Dengan opsi tersebut, pengguna akan lebih lega ketika ingin menutup akun tanpa kehilangan semua data yang pernah dibagi di Instagram.

Fitur “Unduh Data” dari Instagram bisa diakses melalui pengaturan privasi aplikasi.

Fitur itu memungkinkan pengguna mengekspor foto, video, arsip Cerita, profil, info, komentar, dan pesan nonfemeral, meskipun dapat memakan waktu beberapa jam hingga hari untuk unduhan Anda untuk siap.

Kepada Techcrunch, seorang juru bicara Instagram mengonfirmasi, “Alat Pengunduh Data saat ini dapat diakses oleh semua orang di web, tetapi akses melalui iOS dan Android masih bertahap diluncurkan.”

Unduhan berisi informasi profil, foto, video, arsip Cerita (yang diposting setelah Desember 2017), pos dan keterangan cerita Anda, kontak yang Anda unggah, nama pengguna pengikut Anda dan orang yang Anda ikuti, Pesan langsung, foto dan video pesan langsung non-fana, komentar, Suka, pencarian, dan pengaturan.

Peluncuran alat download data ini diperlukan agar Instagram mematuhi aturan data portabilitas dalam undang-undang privasi GDPR Uni Eropa yang berlaku pada 25 Mei.

Tetapi itu juga merupakan konsesi yang masuk akal. Instagram telah menjadi jaringan sosial berbagi gambar yang dominan dengan lebih dari 800 juta pengguna. Seharusnya tidak perlu mengunci data pengguna untuk menyimpannya.

Baca juga: Instagram Siapkan Fitur Download Konten

WhatsApp juga mengumumkan akan meluncurkan alat Pengunduh Data untuk semua pengguna secara global dengan pembaruan aplikasi berikutnya sebagai bagian dari kepatuhan GDPR-nya.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU