Wednesday, April 24, 2019
Home News Enterprise Tantangan Ini Perlu Diperhatikan untuk Menuju Industri 4.0 di Indonesia

Tantangan Ini Perlu Diperhatikan untuk Menuju Industri 4.0 di Indonesia

-

Jakarta,Selular.ID – Dunia industri tengah memasuki era baru yang disebut revolusi 4.0. Generasi ke empat ini juga terus dibahas apalagi sejak pemerintah meresmikan peta jalan atau roadmap yang disebut making Indonesia 4.0.

Hal tersebut pun dibahas dalam forum Indonesia Digital Business Ecosytem (Indibest Forum).

M Gopal Utiarrachman , CEO Wiz Indonesia Nirwana (WIN) and  Percaya PastiBayar Sejahtera (PASBAYS) sebagai penyelenggara Indibest Forum menjelaskan bahwa, semua pihak baik itu penyelenggara dan masyarakat perlu memperhatikan karakteristik dan bentuk-bentuk perkembangan teknologi saat ini.

“Hal itu dilakukan supaya dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal dan menentukan langkah antisipasi yang tepat,”kata Gopal di sela-sela acara forum di Jakarta (18/05/18).

Dikatakan dia, Indonesia menjadi target berbagai pemain industri dunia. Menurutnya pemain asing berebut masuk, dan regulator harus memproteksi dan menjaga keseimbangan diberbagai parameter.

Sementara Caroline Mangowai, Peneliti RIse Research mengatakan, proses adaptasi terhadap perubahan yang begitu cepat perlu diantisipasi juga dengan cepat semua pihak yang terlihat

“Kolaborasi antar institusi yang beragam perlu diperluas dan diperdalam untuk meningkatkan efisiensi yang hsrmonis  dalam menghadapi percepatan perubahan,” kata dia.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest