Jakarta,Selular.ID – Menyusul setelah Goggle merilis Android P pada musim gugur, HMD Global mengumumkan  smartphone Nokia, yang diluncurkan di pasaran hingga saat ini, akan diperbarui ke Android P.

Hal tersebut diumumkan HMD Global selaku pemilik lisensi Nokia dalam acara ChargedUp.

Neil Broadley, manajer pemasaran global menjelaskan, versi utama Android terbaru akan datang ke seluruh portofolio Nokia sebagai bagian dari komitmennya.

Dilaporkan Gizmo China, Android P bakal hadir di semua smartphone Nokia  mulai Nokia 1 hingga Nokia 8 Sirocco, termasuk Nokia 2.1, Nokia 3.1, dan Nokia 5.1 yang baru diumumkan.

BACA JUGA:
Nokia 9 PureView Meluncur Februari 2019?

Berita  seharusnya tidak terlalu mengejutkan pasalnya, semua perangkat Nokia yang menjalankan Android One Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus, Nokia 6.1, Nokia 5.1, dan Nokia 3.1 dalam periode jaminan dua tahun yang diminta Google untuk pembaruan andalan.

HMD Global sebelumnya juga menjanjikan ponsel Nokia generasi pertama Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, dan Nokia 8 semuanya akan diperbarui ke Android P.

BACA JUGA:
Pembaruan Android 9 Pie Tertunda untuk Nokia 8

Sebagai informasi Google akan meluncurkan sistem operasi terbarunya Android 9.0 atau Android P pada pertengahan tahun ini sekaligus menggantikan Android versi 8.0 atau Oreo.

Spesifikasi dan fitur terbaru Android P pun mulai terungkap, salah satunya Android P akan memiliki sistem keamanan terbaru yang mampu mencegah aplikasi mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon smartphone, menyusul saat ini beredar malware yang bisa merekam suara latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

BACA JUGA:
Selamat Tinggal, WhatsApp Hengkang dari Nokia S40

Kemudian Android P akan mendukung tren notch (tonjolan) smartphone dan fitur multiple screen yang membuat pengguna bisa melakukan lebih dari satu aktivitas pada layar yang sama.

Baca juga: Nokia Jamin Dua Kali Pembaruan Android

Namun, fitur mode malam (dark mode) yang banyak dinantikan, kabarnya belum akan tersedia pada versi ini.