Jakarta, Selular.ID – Raksasa smartphone China Huawei mengawali tahun 2018 di Indonesia dengan mengeluarkan jagoan baru di kelas menengah. Bernama HUAWEI nova 2 lite, smartphone mengusung berbagai fitur terbaru yang biasanya hanya ada di model premium.

Fitur premium yang ada di HUAWEI nova 2 lite antara lain layar penuh rasio 18:9, kamera ganda di belakang, teknologi pengenalan wajah Face Unlock, dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting, semua itu dibungkus dengan banderol lebih terjangkau dari varian sebelumnya.

Smartphone terbaru HUAWEI nova 2 lite sudah dijajakan di e-commerce Lazada melalui jalur flash sale bertepatan pada hari peresmiannya (25 April) dengan harga Rp2.599.000. Saat ini masyarakat Indonesia sudah bisa mendapatkan smartphone di tiga kota besar: Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Menyusul pada 12 Mei akan tersedia di seluruh nusantara.

HUAWEI nova 2 lite sendiri merupakan versi terjangkau sekaligus penerus dari model yang rilis November silam di Indonesia HUAWEI nova 2i. Kendati harganya lebih murah, smartphone anyar tetap membawa kecanggihan yang ada di model sebelumnya bahkan mengadopsi software lebih baru.

Berikut ulasan lengkap Selular mengenai smartphone terbaru HUAWEI nova 2 lite.

Highlight

  • Full View Display 5,99 inci rasio 18:9
  • Dual Camera di belakang & Selfie Cam 8MP + Toning Flash
  • RAM 3GB/32GB ROM
  • Android 8.0 Oreo berlapis EMUI 8.0
  • Tiga slot kartu (2 SIM nano + 1 microSD)
  • Fingerprint, Face Unlock, Double Bluetooth
  • Baterai 3.000mAh
  • Harga Rp2.599.000


Desain

Mengusung desain kekinian, HUAWEI nova 2 lite tampak futuristik, yakni layar penuh, bezel tipis, tanpa tombol di bawah layar. Tombol navigasi terletak di dalam layar yang terbentang 5,99 inci.

Earpiece di bagian atas layar diapit kamera depan dan sensor kedekatan. Volume rocker terletak sejajar dengan tombol power di sayap kiri body.

Sementara slot nano SIM dan kartu memori berada di seberangnya. Port audio 3,5mm dan lubang charge berbentuk microUSB berada di bagian bawah.

Beralih ke belakang, kamera ganda bersama lampu flash dan mikrofon terletak menyudut di kiri atas. Pemindai sidik jari berada di tengah agak ke atas, sangat pas dengan posisi jari telunjuk ketika memegang smartphone.

Untuk pasar Indonesia, HUAWEI nova 2 lite tersedia dalam dua pilihan warna yakni Matte Black dan Glossy Blue yang menawan. Kombinasi desain unik dan lapisan kaca menimbulkan efek glossy dan kilau anggun.


Body Kecil, Layar Luas

HUAWEI nova 2 lite memiliki layar lebar tapi dengan ukuran body yang sangat kompak. Berkat Full View Display dengan aspek rasio 18:9, diagonal layar sebesar 5,99 inci terasa seperti smartphone berlayar 5,5 inci. Menjadikan smartphone sangat kompak dan enak digenggam.

Dengan rasio screen-to-body 82,5% dan bezel tipis 2,56mm, memberikan efek sangat nyaman untuk menikmati konten media seperti menonton video atau membaca.

Kamera Ganda

HUAWEI nova 2 lite dibekali dua kamera sekaligus di bagian belakang, dengan kombinasi resolusi 13MP dan 2MP yang ditemani LED Flash. Hasilnya, Anda bisa menghasilkan foto layaknya fotografer profesional hanya dengan smartphone.

Sementara di bagian depan terdapat kamera 8MP yang dilengkapi Toning Flash. Cocok bagi Anda yang kerap menciptakan konten kreatif melalui kamera depan.

Wide Aperture Mode (Bokeh)

Dual rear camera Huawei mampu menghasilkan gambar professional dengan lebih mudah. Kamera HUAWEI nova 2 lite mendukung Wide Aperture Mode. Efek bokeh profesional ini, memungkinkan pengguna memilih fokus yang ingin ditampilkan. Bahkan setelah foto selesai dijepret, pengguna tetap bisa mengubah fokus foto dengan fitur refocus. Jika angka aperture diatur lebih kecil, maka latar foto akan blur dengan contrast yang lebih jelas.

Beauty Mode

Guna menampilkan citra untuk mendapat tampilan yang lebih menarik, HUAWEI nova 2 lite menyediakan Beauty Mode hingga level 10. Bukan hanya untuk selfie, Beauty Mode juga tersedia untuk kamera belakang.

Face Unlock

Fitur mutakhir yang dibenamkan ke HUAWEI nova 2 lite adalah Face Unlock. Fitur ini biasanya hanya ada di smartphone unggulan atau premium. Pengguna bisa membuka kunci layar dengan cara menghadapkan kamera depan smartphone ke wajah. Fungsi pengenalan wajah HUAWEI nova 2 lite bisa mengidentifikasi wajah secara instan. Kini pengguna tidakperlu kata sandi yang rumit.

Fingerprint 4.0

Selain ada Face Unlock, HUAWEI nova 2 lite juga dibekali pemindai sidik jari. Fingerprint 4.0 ini responnya sangat cepat sehingga operasi navigasi lebih nyaman. Aktivasi fingerprint hanya butuh waktu 0,3 detik untuk beraksi.

Bukan hanya unlock, fingerprint berfungsi juga untuk scroll pada galeri layaknya kursor, bisa juga untuk tombol shutter kamera, menonaktifkan alarm, dan juga menerima panggilan telepon.

Smart Split Screen

Saat menonton video di HUAWEI nova 2 lite juga bisa sambil chatting. Jadi jika ada chat masuk, Anda tidak perlu menyetop kegiatan menonton. Caranya, cukup aktifkan fitur Smart Split. Secara otomatis layar akan terbelah dua. Video yang kita tonton bisa terus berlangsung dan chat tetap berjalan. Fitur ini tentu memudahkan multi tasking dan tentunya lebih efisien.

Double Bluetooth Connection

Kalangan milenial pasti akrab dengan gadget pendukung smartphone. Mulai dari Speaker Bluetooth, Wearable Device, sampai Gamepad Bluetooth. Nah, dengan HUAWEI nova 2 lite, smartphone bisa terkoneksi dengan dua device sekaligus berkat fitur double Bluetooth connection. Secara continuous keduanya bisa aktif.

Fitur lain HUAWEI nova 2 lite seperti Screenshot dengan tiga jari; Double Tap untuk membuka kunci layar; Files Safe agar dokumen diamankan dengan kata sandi; Application Lock untuk enkripsi aplikasi, serta ada Huawei Music Effect.

Kinerja

HUAWEI nova 2 lite dibekali prosesor octa-core chipset Snapdragon 430 dengan adopsi EMUI 8.0 dan support Android 8.0 Oreo. Smartphone memiliki RAM 3GB dan ROM 32GB yang bisa diekspan hingga 256GB melalui kartu microSD, cocok untuk pengguna yang sarat data.


Benchmark

Menggunakan Antutu Benchmark, HUAWEI nova 2lite mendapat skor 58572. Sementara menggunakan aplikasi Geekbench 4.2.0, smartphone mendapat skor 675 pada single-core dan 2765 pada multi-core. Dengan hasil itu, perangkat akan berjalan mulus untuk digunakan berfoto, bersosial media, chatting, dan browsing, bahkan bermain game.

Daya Tahan Baterai

Baterainya berkapasitas 3.000mAh dengan extended life yang lebih panjang. Dengan penggunaan normal, HUAWEI nova 2 lite bisa dipakai hingga 1,3 hari. Kalua mau lebih spesifik, untuk mendengarkan music bisa 58 jam, melihat video 13 jam, menjawab panggilan telepon 21 jam, dan browsing 11 jam. Sangat cukup untuk kegiatan asik kalangan muda.

Ketersediaan

Smartphone terbaru HUAWEI nova 2 lite sudah dijajakan di e-commerce Lazada sejak 25 April. Mulai hari ini (5/5) smartphone mulai dijajakan secara offline dengan harga Rp2.599.000.