Jakarta, Selular.ID – Dibandingkan masih dikuasai Microsoft, peruntungan Nokia di bawah HMD Global jauh lebih menjanjikan. Sejumlah pemain kunci bersedia menggelontorkan tak kurang dari USD 100 juta dalam putaran pendanaan terbaru.

Dana investasi tersebut akan dialokasikan untuk mengembangkan perangkat Nokia dengan tujuan akhir untuk merebut kembali posisinya sebagai salah satu produsen ponsel terkemuka di dunia.

Di antara para investor tersebut adalah Wonderful Stars, anak perusahaan Hon Hai Precision (Foxconn) milik FIH Mobile, yang akan memegang saham langsung sebesar 6 persen.

BACA JUGA:
Nokia 9 PureView Meluncur Februari 2019?

Pembeli lainnya termasuk perusahaan investasi Ginko Ventures (melalui Alpha Ginko) dan DMJ Asia Investment Opportunity.

Sejak HMD Global mengambil alih Nokia dari Microsoft pada 2016 – dalam perjanjian hingga 2024 menggunakan merek tersebut – HMD Global dengan cepat memperluas portofolio perangkat Nokia dan membuat kemajuan signifikan dalam merevitalisasi merek yang sedang sakit itu.

BACA JUGA:
Pembaruan Android 9 Pie Tertunda untuk Nokia 8

Berbagai lini smartphone Nokia telah dirilis dalam kurun 1,5 tahun terakhir, dengan fitur-fitur terdepan yang membuat konsumen mulai melirik merek legendaris itu.

Saat ini perangkat Nokia tersedia di 250.000 gerai ritel di seluruh dunia dan melalui 600 mitra langsung. Termasuk Indonesia yang merupakan salah satu pasar terbesar di kawasan Asia Pasifik.

FIH Mobile mengatakan keputusan membeli saham akan memungkinkan pihaknya memperluas hubungan yang sudah terjalin dengan HMD Global.

BACA JUGA:
Peluncuran Ponsel Nokia 9 PureView Diprediksi Molor

Perusahaan menambahkan, hubungan sebelumnya dengan HMD Global akan memungkinkan kedua belah pihak berkolaborasi lebih kuat dalam upaya meningkatkan penelitian dan pengembangan, serta kemampuan manufaktur di masa mendatang untuk bisnis ponsel bermerek Nokia.

Baca juga: HMD Global Akan Hidupkan Nokia Seri N Dalam Waktu Dekat

Kedua belah pihak juga percaya bahwa kemitraan yang telah terjalin akan mendorong upaya mencapai tujuan bersama, yakni membangun bisnis yang sukses secara global.