Jakarta,Selular.ID – Microfon iPhone 7 dan iphone 7 Plus bermasalah. Dikabarkan bahwa, permasalahan tersebut ditemukan pada komponen mikrofon yang digunakan untuk menangkap suara saat melakukan panggilan telepon atau video.

Dilaporkan Macrumors Apple mengakui jika pengguna iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang telah meng-update iOS versi 11.3, mengalami bug yang membuat mikrofon terganggu saat melakukan panggilan telepon.

Pengakuan itu ditemukan di dalam dokumen internal yang tersebar ke penyedia layanan resmi Apple pekan ini.

Dalam beberapa bulan terakhir, para pengguna iPhone yang telah melakukan update ke iOS versi 11.3 mengeluhkan masalah mikrofon pada iPhone mereka di platform Reddit, Twitter maupun Apple Support Communities. Meski masalah ini belum menjadi masalah yang meluas

BACA JUGA:
Ikut-Ikutan Apple, Saham Xiaomi Anjlok

Tak jelas disebutkan mengapa update iOS 11.3 mengakibatkan difungsi pada mikrofon iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Apple hanya menyebut jika beberapa perangkat memerlukan perbaikan, tanpa menjelaskan informasi lebih lanjut.

Dalam dokumen itu dikatakan, pengguna iPhone yang terdampak kemungkinan akan mengalami grayed-out atau tombol bewarna abu-abu saat melakukan panggilan suara maupun FaceTime.

Efeknya, tombol mikrofon tidak bisa ditekan. Bug ini juga mengakibatkan suara penelepon tidak terdengar, baik saat mengirim suara maupun menerima suara.

BACA JUGA:
Bodi iPhone 2019 Bakal Semakin Tipis dan Tanpa Poni?

Penyedia layanan perbaikan resmi Apple diminta untuk memutuskan segala koneksi (disconnect)terhadap aksesoris audio apa pun, termasuk bluetooth  headset.

Bagi perangkat iPhone terdampak yang tidak memiliki garansi, Apple mengatakan agar penyedia layanan servis resmi mereka memberikan pengecualian pada masalah mikrofon ini.

Meski demikian, di dalam dokumen tidak disebutkan spesifik apakah perbaikan ini gratis atau tidak.

Namun di dalamnya, Apple sudah menyediakan instruksi bagi tim teknis untuk mencoba atau memandu penggunanya memperbaiki masalah ini. Apabila tidak berhasil. iPhone yang bermasalah harus tetap dibawa ke gerai resmi Apple.

BACA JUGA:
Resmi, Apple Music Sambangi Tablet Android

Pertama pengguna diminta menonaktifkan headset bluetooth yang terhubung ke iPhone yang bermasalah. Apabila tombol speaker saat menerima panggilan telepon tetap berwarna abu-abu, maka lakukan langkah audio diagnostic di perangkat.

Baca juga: Apple Berikan Service Gratis untuk iPhone 7 yang Bermasalah

Saat iPhone tersebut tetap bermasalah, pihak Apple harus melakukan proses pemeriksaan dan perbaikan dari sisi hardware.