Vivo X21 bagian depan (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Di gelaran MWC 2018 lalu, Vivo memperkenalkan ponsel barunya yakni X21. Kini Vivo membawa X21 ke Indonesia untuk diperkenalkan kepada awak media di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (23/5/2018). Serangkaian teknologi terbaru dihadirkan Vivo pada X21. Salah satunya In-Display Fingerprint Scanner.

Vivo menjadi vendor smartphone pertama yang memiliki paten teknologi In-Display Fingerprint Scanner. Teknologi ini memungkinkan layar OLED memancarkan cahaya yang menembus kaca penutup untuk menerangi area pemindai sidik jari. Kemudian, berdasarkan cahaya pantulan dari tonjolan unik pada sidik jari, sensor memproses sinyal optik untuk menghasilkan gambar sidik jari yang tajam dan detil.

Kamera utama Vivo X21 (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Selanjutnya sidik jari tersebut dicocokkan oleh smartphone. Berkat penempatan sensor sidik jari di dalam layar, bezel Vivo X21 semakin tipis. Ketika SelularID mencoba teknologi fingerprint tersebut, responnya cukup cepat. Sensor fingerprint ini mampu membuka smartphone dalam hitungan detik.

BACA JUGA:
Vivo Y91 Mendominasi Penjualan Awal Tahun

Teknologi lainnya bernama P3 tersematkan di layar Vivo X21. P3 ini membuat layar Vivo X21 lebih terang. Layarnya sendiri menggunakan jenis Super AMOLED berukuran 6,28 inci dengan resolusi 1080 x 2280p dan aspek rasio 19:9.

“Warna yang dihasilkan teknologi P3 ini 20% lebih banyak dibandingkan ponsel pada umumnya,” Product Manager Vivo Indonesia, Jason Fanjaya menjelaskan kepada SelularID di sela sneak preview Vivo X21 dan Apex di bilangan Kuningan, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Urusan foto dan video, gawai ini dibubuhi kamera utama ganda dengan resolusi masing-masing 12MP dan 5MP. Kamera selfienya beresolusi 12MP. Kami tim SelularID pun mencoba foto menggunakan kamera depan dan utama Vivo X21. Hasilnya cukup mengesankan.

BACA JUGA:
Teknologi TOF Absen dari Oppo R17 Pro Versi Indonesia, Ini Sebabnya

Meskipun dalam kondisi minim cahaya, kamera utama dan selfie memberikan hasil foto yang cukup baik. Ketika fotonya di-zoom, tidak pecah dan noise nya tidak terlalu banyak. Detail foto yang dihasilkan lebih tajam saat selfie ataupun mengambil objek dengan kamera utama.

Hasil kamera utama Vivo X21 (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)
Hasil foto selfie Vivo X21 (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Dapur pacunya, disokong chipset Snapdragon 660 yang sudah dimodifikasi khusus dipadukan teknologi AI. Kombinasi prosesor Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dan GPU Adreno 512 sanggup memberikan performa maksimal ponsel ini. RAM 6GB, ROM 64/128GB serta memori external berkapasitas 256 ditanamkan di tubuh Vivo X21.

Sumber tenaganya, ditunjang baterai berkapasitas 3200 mAh. Vivo X21 berjalan dengan OS Android 8.1 Oreo dibalut interface Funtouch OS 4.0.

Dari segi desain, Vivo X21 terlihat elegan dengan balutan warna hitam. Body-nya terbuat menggunakan material alumunium dibalut kaca pada bagian belakang. Namun, sebaiknya hati-hati saat memegangnya karena kaca membuat ponsel ini licin. Notch sebagai tempat peletakan kamera juga masih terpampang di bagian depan X21.

BACA JUGA:
Usung Dual Display, Vivo Nex 2 Meluncur 11 Desember

Box nya terlihat premium dan berbeda dengan desain kotak spesial Piala Dunia 2018. Dalamnya, terdapat charger, kabel USB dan earphone.

“Kemungkinan besar Vivo X21 dan Apex akan masuk Indonesia. Tapi, lebih besar peluangnya untuk X21,” ucap Fachryansyah Farandy, General Manager for Digital and Partnership Vivo Indonesia.

Baca juga: Sambut Piala Dunia Vivo Kenalkan X21 Edisi Khusus

Sayangnya, baik Fachri dan Jason tidak mengungkap harga dan ketersediaan Vivo X21. Kemungkinan, Vivo X21 tersedia di pasar Indonesia pertengahan tahun ini.