Jakarta, Selular.ID – Kasus pencurian data Facebook yabg dilakukan Cambridge Analytica membawa dampak negatif dari semua aspek. Ini pula yang menginspirasi salah satu pengguna Facebook untuk menjual data pribadinya dengan sengaja di eBay.

Seorang penulis dan developer, Oli Frost menjual akun pribadi Facebook-nya. Ini dilakukannya karena dinilai penjualan akun Facebook akan mendapatkan banyak uang.

BACA JUGA:
Tiru Change.org, Facebook Hadirkan Fitur Petisi

Dikutip laman Ubergizmo, Frost menggunakan Facebook data export tool untuk menjual datanya. Selanjutnya data tersebut dilelang di eBay.

“Saya bergabung dengan Facebook sepuluh tahun lalu. Saya baru menyadari bahwa selama ini saya telah menjual data pribadi secara gratis,” ujar Frost kepada Ubergizmo.

Frost mengatakan bahwa uang hasil penjualan data tersebut akan disumbangkan ke EFF. Penjualan data Facebook pribadinya ditunjukan Frost sebagai bentuk kekecewaan terhadap Facebook karena telah menjual datanya tanpa izin untuk kepentingan tertentu.

BACA JUGA:
Facebook Akan Gulirkan Fitur Live Shopping

Sayangnya eBay tidak tertarik dengan data Frost dan segera menghapusnya. Menurut eBay, data Facebook yang dijual Frost tersebut belum memenuhi syarat. Karena biasanya Facebook tidak mengizinkan penggunanya menjual data pribadinya ke pihak lain.

Baca juga: Facebook Sangkal Jual Data Pengguna ke Pengiklan, Benarkah ?

Ini juga yang ditakutkan oleh eBay. Jika Facebook tidak membolehkan penggunanya menjual data pribadi mereka, kenapa justru Facebook sendiri yang melakukannya ? Atau ini hanya untuk meraup keuntungan besar semata bagi Facebook. Hingga berita ini diturunkan, Facebook belum memberikan tanggapan atas penjualan data penggunanya tersebut.