Sunday, December 8, 2019
Home News E-Commerce Pemerintah Ajak UMKM Untuk Jualan Online

Pemerintah Ajak UMKM Untuk Jualan Online

-

Jakarta, Selular.ID – Kementeriaan Komunikasi dan Informatika mendeklarasikan gerakan Ayo UMKM Berjualan Online.

Lis Sutjiati, Staff Khusus Menteri Komunikasi dan Infotmatika menjelaskan, gerakan yang menggandeng enam marketplaces di Indonesia seperti Blanja.com, Blibli.com, Bukalapak, Lazada, Shopee dan Tokepedia ini merupakan gerakan nasional yang bertujuan mendorong dan menyadarkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk segera online dan bersaing di pasar.

“Jika para.pelaku UMKM tidak segera online maka akan sulit bersaing di pasar dan produk-produk luar yang akan membajiri Indonesia,”ujar Lis di sela-sela acara gerakan ayo jualan online di Jakarta (24/04/18).

Gerakan ini dilakukan bukan tanpa sebab, menurut Lis, pemerintah berkaca pada data Mckinsey Institute. Dari data itu, dikatakan Lis nilai transaksi UMKM  yang beralih ke online akan berkembang 2 kali lebih cepat.

Sayangnya dari 59.9 juta UMKM tersebut baru 3,97 juta UMKM  sudah go online. Sementara pengguna internet di Indonesia sangat masih san 78% pengguna internet sudah bertransaksi online.

“Ancaman lain adalah masuknya e-commerce besar di dunia yang mengincar pasar konsumen Indoensia,” kata Lis lagi

Sehingga dengan mengajak UMKM beralih ke online akan memberikan bekal bagi mereka untuk bisa bersaing di era digital.

Lis juga menyebutkan gerakan Ayo Berjualan Online diharapkan menjadi kebangkitan para UMKM sebagai pahlawan ekonomi Indonesia, serta mengangkat peran marketplaces untuk mendorong para UMKM di daerah siap bersaing dan meraih pasar lebih luas dengan bantuan difasilitasi oleh pemerintah dan institusi terkait.

Lis menambahkan kegiataan yang akan dilakukan pemerintah bersama para marketplaces ini meliputi rangkaian tahapan. Mulai dari onboarding atau mendorong pelaku UMKM offline menjadi online.

Kemudain active selling atau pendampingan kepara para UMKM yang sudah go online untuk meningkatkan transaksi, scale of business atau membantu pelaku UMKM meningkatkan skala bisnisnya. Hingga go internasional atau gerakan mendorong pelaku UMKM meningkatkan jabgkauan pasar menjadi Internasional.

Latest