Tuesday, October 27, 2020
Home Apps Negara Ini Berencana Akan Tinggalkan WhatsApp

Negara Ini Berencana Akan Tinggalkan WhatsApp

-

Jakarta,Selular.ID – Perancis berencana untuk tidak ingin menggunakan WhatsApp. Pemerintah Perancis berencana menggunakan layanan pesan instan terenkripsi buatan negaranya sendiri.

Aplikasi tersebut ditargetkan untuk wajib digunakan oleh seluruh pemerintahan di Perancis pada musim panas mendatang.Aplikasi tersebut diharapkan bisa digunakan seluruh warga sipil Perancis.

Seperti dilansir The Verge, juru bicara Kementerian Digital Perancis mengatakan, bahwa pihaknya sedang menyoroti penggunaan aplikasi terenkripsi asing, yang tidak memiliki server di Perancis.

Alasanya, Perancis tak mau ambil risiko jika entitas lain di luar Perancis, memata-matai administrasi negaranya menggunakan aplikasi yang terenkripsi atau tidak bisa dipantau pemerintah seperti WhatsApp atau Telegram.

Dikatakan dia, Perancis harus menemukan cara untuk memiliki layanan pesan instan terenkripsi sendiri, yang tidak dienkripsi oleh Amerika Serikat (AS) atau Rusia.

Sekitar 20 pejabat dan petinggi aparatur sipil negara Perancis, sedang menguji coba layanan pesan instan buatan negaranya sendiri.

Aplikasi pesan instan asal Perancis tersebut telah didesain oleh para pengembang, menggunakan kode free-to-use, alias bisa digunakan cuma-cuma dengan mengunduhnya secara online. Sehingga ada kemungkinan, aplikasi tersebut akan tersedia di software open source.

Baca juga: Pendiri WhatsApp Sarankan Hapus Facebook

Pemerintah pun mulai serius menanggapi potensi kebocoran data, setelah melihat apa yang terjadi dengan Facebook akhir-akhir ini.

Latest