Friday, November 22, 2019
Home News FinTech Asik, Tcash Gak Harus Pelanggan Telkomsel

Asik, Tcash Gak Harus Pelanggan Telkomsel

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam waktu sangat dekat, layanan dompet digital milik Telkomsel, Tcash, akan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna selular Indonesia, tidak hanya pelanggan Telkomsel.

“Targetnya memang Q1, artinya tinggal beberapa hari lagi, Tcash akan bisa digunakan semua operator,” terang Danu Wicaksana, CEO Tcash, pada acara Peluncuran Aplikasi Tcash Wallet Terbaru, di kantor Tcash di Jakarta (27/3/2018).

Danu menegaskan Tcash akan menuju ke agnostik, artinya, bisa dipakai oleh operator lain.

“Kami-nya yang membuka sistem. Bukan minta izin ke operator lain. Sehingga semua nomor bisa menikmati layanan Tcash. Kemudian kami mengeksplore kerjasama dengan operator lain. Untuk agnostik, berarti kan Tcash harus bisa menjual pulsa dan paket data dari operator A dan B. Hal itu bisa langsung dari operatornya ataupun dari delaer yang ditunjuk oleh operator tersebut. Di situ kita berkomunikasi,” terang Danu.

Danu menegaskan perusahaannya sudah mendapat supply produk dari tiga major operator nasional lain sehingga sudah bisa jalan, hanya menunggu regulasi. Tcash ‘hanya’ menjadi channel baru buat operator lain.

“Semua persiapan sistem sudah siap, izin sudah kami diajukan. Tapi memang masih menunggu ‘anggukan’ dari regulator yaitu Bank Indonesia. Semoga minggu-minggu ini keluar. Kalau sampai mundur pun, mungkin minggu depan,”

Yang pasti, Danu menegaskan semua persyaratan sudah dipenuhi, sehingga teman-teman yang belum menggunakan Telkomsel bisa menikmati layanan Tcash. “Memerdekakan Tcash-lah,” katanya.

Tcash

Mengenai latar belakangnya, Danu mengatakan, Tcash memang lahir di Telkomsel. Tapi dia melihat banyak orang yang ingin menggunakan Tcash tapi saat ini mereka masih memilih menjadi pelanggan operator lain.

“Tcash melihat ada potensi bisnis di situ. Ada banyak orang yang bisa menjadi customer kita. Kalau kita batasi hanya Telkomsel saja, itu seakan-akan eksklusif,” ujarnya.

Danu akhirnya berdiskusi ke pemegang saham, dan diputuskan memang Tcash harus bisa untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Kita lakukan secara sistem, namun secara regulasi kita harus mendapat izin dari Bank Indonesia. Mereka memiliki pertanyaan bagaimana pelanggan operator lain akan dilayani kalau ada komplain, di situ kami melaporkan kalau ada pertanyaan bisa ke channel-channel ini,” terangnya.

Danu menekankan pengajuan regulasi sudah submit dari bulan lalu, dan biasanya proses memakan waktu sampai dengan 45 hari kerja.

Baca juga: Tcash Layani 10 Juta Transaksi Tiap Bulan

Danu berharap, karena tujuannya baik, semoga bisa keluar secepatnya, dan yang pasti akan meningkatkan pelanggan Tcash. “Saat ini Tcash memiliki 20 juta pelanggan. Targetnya, tahun ini bisa jadi 40 juta,” pungkas Danu.

Latest