Friday, September 21, 2018

Adu Smartphone Menengah Samsung dan Asus


Jakarta, Selular.ID – Jika Anda mengincar smartphone di kelas menengah dengan harga Rp2 jutaan, berikut kami hadirkan perbandingan dua perangkat: Samsung Galaxy J3 (2016) dan Asus Zenfone 4 Selfie Lite ZB520KL.

Di hirarki smartphone Samsung, seri J merupakan lini produk dengan harga paling terjangkau. Seperti namanya, Samsung Galaxy J3 (2016) merupakan keluaran tahun 2016 (Mei) dengan harga resmi Rp2,4 juta.

Sementara perangkat satunya, Asus ZenFone 4 Selfie Lite ZB520KL menjadi varian terakhir dari seri ZenFone Selfie yang dihadirkan di pasar Indonesia di penghujung tahun 2017 yang dijajakan dengan harga Rp2,5 juta.

Keduanya kami sandingkan karena mengusung harga yang sama dan mengincar segmen pengguna sama, meskipun dilengkapi dengan sejumlah fitur berbeda. Perangkat mana yang lebih sesuai untuk Anda? Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Samsung Galaxy J3 (2016)

Desain dari Galaxy J3 2016 tidak banyak berbeda dari saudara-saudaranya di seri J 2016. Bingkai berbahan metal dengan balutan finishing metalik dan cover belakang terbuat dari material polycarbonate. Galaxy J3 2016 juga tidak menggunakan konsep unibody, dimana slot SIM card dan MicroSD terdapat di balik penutup bagian body belakang.

Dibagian belakang selain terdapat modul kamera, lampu Flash dan grill speaker terdapat pula logo Samsung dan ‘Duos,’ yang menandakan bahwa produk yang satu ini juga memiliki dukungan dual slot SIMCard.

Ukuran layar 5.0 inci dengan layar AMOLED resolusi HD 720 piksel. Namun sayangnya tidak ada lapisan pelindung untuk panel layar bagian depan.

Tombol power terletak di sisi sebelah kanan sedangkan tombol volume diletakan di sisi sebelah kiri. Di bagian bawah tengah depan, terdapat tombol home berbentuk fisik yang menjadi ciri khas smartphone Samsung.

Tapi vendor tidak membekali J3 dengan sensor fingerprint, padahal di smartphone lain dengan kelas harga yang sama pun sudah ada fingerprint.

Di bagian bawah terdapat slot MicroUSB untuk pengisian baterai dan transfer data, sedangkan untuk lubang jack berukuran 3,5 mm terdapat di bagian atas.

Asus ZenFone 4 Selfie Lite ZB520KL

Secara desain, Asus Zenfone 4 Selfie Lite ini mirip dengan saudara kandungnya yakni Asus Zenfone 4 Max. Perbedaan terletak pada penempatan kamera belakang yang didesain lebih elegan dengan tambahan tulisan 16 mega pixels yang juga sudah dibekali LED flash.

ZenFone 4 Selfie Lite memiliki desain metalik yang cantik dan juga glitter yang melengkapinya membuatnya terlihat artistik. Dengan layar IPS frameless 2.5D curved glass berukuran 5,2 inci beresolusi HD 720p, ZenFone 4 Selfie Lite memiliki keseimbangan yang sempurna antara nyaman dan elegan.

Dengan bodi metalik dan juga lingkaran konsentris pada lensa kamera belakang membuatnya terlihat cantik dari berbagai sudut. Untuk menyesuaikan dengan gaya pengguna, ZenFone 4 Selfie Lite menawarkan desain yang premium dan juga hadir dengan 3 pilihan warna, Sunlight Gold, Rose Pink dan Deepsea Black.

Penempatan tombol fisik dan slot kartu SIM juga tidak berbeda dengan milik Zenfone 4 Max. Volume rocker dan tombol power berada di sayap kanan dan slot SIM di sayap seberangnya.

Berbeda dengan Samsung, Asus memiliki pemindai sidik jari. Tombol Home di bawah layar sudah terintegrasi dengan sensor fingerprint, sementara Samsung tidak ada.

Di bagian bawah terdapat slot MicroUSB untuk pengisian baterai dan transfer data yang diapit grill speaker, sedangkan untuk lubang jack berukuran 3,5 mm terdapat di bagian atas.

Spesifikasi

Samsung Galaxy J3 2016

Dapur pacu Samsung Galaxy J3 2016 tidak begitu menggiurkan. Menggunakan SoC Spreadtrum SC9830A (Quad Core A7 1,5GHz + GPU Mali 400) dibantu dengan RAM berkapasitas 1,5 GB.

Sementara internal memori yang tersedia juga tak begitu besar yaitu hanya sebesar 8GB saja. Meskipun tersedia slot Micro SD stand-by up to 128 GB jika pengguna membutuhkan media penyimpanan tambahan.

Galaxy J3 2016 memiliki baterai removable dengan kapasitas 2600mAh. Perangkat ini didukung dengan teknologi 4G LTE dan berjalan dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 dan menggunakan UI khas Samsung, yaitu TouchWiz. Galaxy J3 2016 juga memiliki fitur-fitur unggulan yang tersedia di Samsung Galaxy J Series yaitu Sbike dan Ultra Data Saving.

Asus ZenFone 4 Selfie Lite ZB520KL

Di sektor dapur pacu Asus Zenfone 4 Selfie Lite masih mempercayakan kemampuan Prosesor Qualcomm Snapdragon 425 64bit Quadcore 1.4GHz, GPU Andreno 308 serta dukungan RAM 3GB yang juga sama seperti milik Zenfone 4 Max.

OS Android 7.0 yang dibawanya sudah dibalut Zen UI versi 4.0, dengan desain yang lebih cantik dan juga fungsi yang lebih berguna. Ia bekerja dengan lebih cepat. Fitur ZenUI membuat aktivitas ber-smartphone lebih mudah, autoface tag di Galeri, SafeGuard untuk membantu pengguna saat keadaan darurat, dan PageMarker yang membantu untuk menyimpan halaman web.

Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini mampu menemani kebutuhan sosmed, browsing dan gaming sehari-hari tanpa khawatir cepat kehabisan daya. Hal ini berkat adanya teknologi Asus PowerMaster yang mampu memberikan akses pengguna dalam melakukan manajemen daya, serta baterai yang juga sama besarnya seperti milik Zenfone 4 Max yakni 4100mAh plus fitur Fast Charging.

Untuk urusan konektivitas, Zenfone 4 Selfie Lite juga mengusung 2 slot kartu SIM yang support 4G LTE hanya di salah satu SIM saja. Sementara Slot ketiga berfungsi sebagi tempat untuk memory eksternal hingga 256GB.

Kinerja

Dalam melakukan pengujian, kemi melakukan tes dengan dua aplikasi benchmark: AnTuTu dan Geekbench. Berikut hasil pengujian untuk produk Galaxy J3 2016 dan Zenfone 4 Selfie Lite.

Aplikasi benchmark AnTuTu adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

BACA JUGA:  Asus ZenFone Max Pro M1 Tampil Warna Baru

Skor Samsung Galaxy J3 (2016) : 21
Skor Asus Zenfone 4 Selfie Lite ZB520KL : 43549

Geekbench 4.2.0 digunakan untuk menguji kemampuan prosesor. Angka yang ditampilkan akan menjadi hasil uji yang cukup konsisten dan bisa digunakan untuk acuan yang cukup baik. Skor single core akan menggambarkan kenyamanan penggunaan sehari-hari.

Skor Samsung Galaxy J3 (2016) : 471 (single-core) dan 1119 (multi-core)
Skor Asus Zenfone 4 Selfie Lite ZB520KL : 666 (single-core) dan 1835 (multi-core)

Kamera

Samsung Galaxy J3 (2016)

Pada fitur kamera, Samsung menggunakan kamera utama dengan resolusi 8 MP dilengkapi dengan lampu flash, serta kamera depan 5 MP. Untuk kelas harga yang ditawarkan, kamera pada Galaxy SJ3 2016 terbilang sangat standar.

Untuk kualitas pengambilan gambar pada kamera depan juga tidak begitu menjanjikan. Gambar cukup baik saat lingkup cahaya terang, namun saat keadaan gelap terlihat begiut noise. Bahkan lampu flash juga tak banyak membantu dalam aspek penerangan.

Namun dari segi warna, terlihat lebih natural dibandingkan dengan smartphone lain dengan sensor yang sama, biasanya saturasi warna terlihat pudar.

Sayangnya untuk detail juga tak banyak yang bisa diharapkan. Untuk smartphone kelas entry level, hasil foto dari kamera Galaxy J3 2016 juga tampaknya hanya pas untuk kebutuhan sosial media. Pada mode perekaman video, Galaxy J3 2016 mendukung pengambilan gambar dengan resolusi HD.

Asus Zenfone 4 Selfie Lite ZB520KL

Asus menggunakan kamera 16MP di bagian belakang dan satu kamera 16MP sebagai kamera selfie di bagian depan. Yang menarik, meski memiliki resolusi yang sama, kedua kamera tersebut masing-masing memiliki karakteristik yang sedikit berbeda satu sama lainnya.

BACA JUGA:  Sama-sama Menggunakan AMD Ryzen 5, Ini Perbedaan Asus X505ZA dan Lenovo Yoga 530

Kamera belakang ZenFone 4 Selfie Lite memiliki aperture f/2.0 dengan focal length 27mm. Ia memiliki sudut pandang atau field of view seluas 77.5°.

Untuk kamera depannya, yang lebih ditujukan untuk pengguna swafoto, ia punya focal length 26mm dengan sudut pandang yang sedikit lebih luas, yakni 80°. Tujuannya tentu agar lebih banyak objek yang bisa ditangkap dalam frame.

Dengan aplikasi PixelMaster Camera yang punya banyak fitur, pengguna bisa bereksperimen dan melakukan banyak hal saat akan memotret menggunakan Asus ZenFone 4 Selfie Lite.

Selfie

Samsung Galaxy J3 (2016)

Kamera depan Samsung beresolusi 5MP. Uniknya justru kamera depan terlihat lebih baik saat digunakan dalam lingkup minim cahaya. Saat digunakan selfie, meski tidak dilengkapi dengan lampu flash tapi gambar tetap terlihat terang.

Asus Zenfone 4 Selfie Lite ZB520KL

Smartphone ini layak dimiliki bagi pecinta selfie dengan budget terbatas. Hadir dengan soflight LED flash dan juga fitur beautification, kamera depan ini mampu menghasilkan foto selfie cantik dan natural dengan mudah, meski di tempat dengan kondisi minim cahaya. Bahkan kamera depannya telah dilengkapi dengan selfie panorama dan GIF animation.

Jika terasa masih kurang, pengguna dapat menggunakan fitur Asus Selfie Master untuk mempercantik foto selfie hingga sempurna. Hal ini juga berlaku bagi pengguna yang ingin tampil cantik dan mulus saat live streaming dengan mengaktifkan fitur beautylive pada kamera depan.

Selain itu, terdapat pula fitur portrait mode yang mampu menciptakan efek bokeh yang kekinian, baik dengan menggunakan kamera depan maupun kamera belakang, yang juga beresolusi 16 megapiksel plus Phase detection auto focus (PDAF) serta dukungan LED flash.

Yang menjadikan nilai lebih pada kamera utamanya adalah, masih terdapatnya mode manual pada kamera utamanya. Pengguna bisa bebas mengatur shutter speed, ISO, fokus, nilai exposure (EV) dan White Balance secara realtime layaknya DSLR.

Baterai

Dari segi daya tahan baterai, perangkat Samsung punya kemampuan yang cukup baik. Dengan baterai yang tidak begitu besar, yaitu hanya berkapasitas 2600mAh, bisa bertahan selama satu hari penuh.

Sayangnya untuk pengisian baterai begitu lambat, untuk mengisi baterai sebesar 2600mAh menggunakan charger bawaan, Galaxy J3 2016 membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Ini juga dikarenakan adaptor charger bawaan dari Galaxy J3 2016 memiliki output yang kecil yaitu 5V 1A.

Asus Zenfone 4 Selfie Lite ZB520KL

Walaupun dikhususkan bagi pecinta selfie, namun kemampuan daya tahan baterai milik Zenfone 4 Selfie Lite ini, sama dengan baterai milik Zenfone 4 Max. Dengan baterai berkapasitas besar, yakni 4.000mAh, sangat banyak aktivitas yang bisa digunakan oleh pengguna pada smartphone-nya sebelum ia kehabisan energi. Kalau perlu, bisa untuk berfoto-foto selfie seharian.

Sama-sama membawa fitur Reverse Charging, keduanya juga mampu berfungsi untuk mengisi daya pada smartphone lain layaknya powerbank. Selain itu, fitur ini juga secara otomatis memutus daya ke perangkat lain saat baterai pada zenfone 4 Selfie Lite hanya tersisa 30 persen.

Kesimpulan

Masih cukup banyak pengguna yang percaya dengan brand Samsung, apapun produk yang mereka dihadirkan. Penggunaan sehari-hari seperti sosial media dan aplikasi pesan singkat, memang cukup lancar dilahap. Untuk pengguna muda ataupun kalangan orang tua yang tak terlalu banyak aktivitas di layar smartphone, Galaxy J3 2016 masih tetap rekomendasi menarik.

Tapi bila dibandingkan Asus Zenfone 4 Selfie Lite, Samsung Galaxy J3 (2016) kalah telak. Di segala kompartemen, Asus jauh lebih unggul. Baik secara spesifikasi, kinerja, fitur, maupun desain. Paling utama, smartphone Asus jauh mengungguli Samsung di sektor fotografi, terutama pengguna yang gemar selfie, serta daya tahan baterai yang lebih lama.

Jika Anda mencari smartphone selfie di harga Rp2 jutaan, maka Asus ZenFone 4 Selfie Lite ZB520KL ini bisa jadi rekomendasi. Sudah ada sensor fingerprint, RAM 3GB, storage 32GB, dan kapasitas baterai lebih besar 4.100mAh, nilai hasil benchmark lebih tinggi, kamera belakang 16MP, kamera selfie 16MP dilengkapi flash dan fitur beauty.

MUST READ

Ini 4 Fitur Andalan Vivo V11 Pro

Jakarta, Selular.ID – Vivo secara resmi meluncurkan smartphone barunya ke Indonesia yakni Vivo V11 Pro. Sejauh ini Vivo dikenal dengan inovasi dan teknologi barunya. Vivo...

LATEST

Waspada Serangan Trojan Berkedok Software

Jakarta, Selular.ID - Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky Lab (GReAT) telah menemukan sejumlah infeksi Trojan tidak dikenal. Ada indikasi terkait dengan pelaku ancaman...

Percepat Pertumbuhan, OVO Tunjuk CTO Baru

Jakarta, Selular.ID - Dinilai memiliki keahlian teknis yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya, OVO menunjuk Budi Kusmiantoro sebagai Chief Technology Officer (CTO). Penunjukan Budi juga...

LG Rilis Proyektor Portable CineBeam Untuk Profesional Muda

Jakarta,Selular.ID - LG Electeonics kembali menghadirkan proyektor varian terbaru dari jajaran CineBeam yakni seri PH30JG dan seri PF50KG. Menurut Ferdiansyah, Projector Product Marketing LG Electronics...

OPPO Find X Review: Kejutan Terindah

Jakarta, Selular.ID – Tahun ini Apple resmi mengumumkan iPhone XS, XR, dan XS Max. Kali pertama dalam sejarah, Apple mengusung fitur Dual SIM Card...

Jegal AirPods, Freebuds 2 Pro Tampakkan Diri

Jakarta, Selular.ID - Awal tahun 2018 ini, Huawei meluncurkan earphone bernama Freebuds Pro. Kini Huawei kembali menyiapkan earphone barunya yakni Freebuds 2 Pro. Dikutip dari...