Jakarta, Selular.ID – Resmi menutup layanan CDMA, Smartfren fokus menggarap pelanggan 4G LTE. Tahun ini, operator berjanji akan memperluas dan menambah kualitas jaringan 4G miliknya. Sayangnya, operator tetap meninggalkan wilayah timur Indonesia, Irian Jaya.

“Coverage akan kami tingkatkan dua kali lipat dari yang ada, mengikuti arah perkembangan pelanggan Smartfren secara bertahap dan terus menerus,” papar Christian Daignaeult, Chief Technology Officer, Smartfren, pada acara penyerahan sertifikat ISO 27001 dari TUV Rheinland di Jakarta (8/2/2018).

Baca Juga:  Uji Nperf Nyatakan Smartfren Unggul dalam Penyediaan Mobile Internet

Khususnya di kota-kota besar, akan menjadi prioritas Smartfren. Selain coverage, juga peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan, guna memberikan pengalaman lebih baik.

Pada pemaparannya, Christian menunjukkan peta Indonesia dengan sebagian wilayah ditandakan dengan warna hijau dan merah.

“Hijau adalah area dimana Smartften sudah beroperasi, dan merah adalah rencana pembangunan jaringan Smartfren selama 2018 ini,” tuturnya.

Terlihat jelas di peta, Smartfren akan fokus membangun di pulau Sumatera dan sebagian di wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Apa alasan pemilihan wilayah itu?

Baca Juga:  Perkukuh Bisnis, Vendor Smartphone Lokal Perlu Asosiasi

“Tahun lalu revenue dan pelanggan kita tumbuh 3x lipat di Sumatera, makanya kita fokus bangun jaringan di sana tahun ini,” ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, saat ditemui Selular.ID usai acara penyerahan sertifikasi ISO27001 di Jakarta.

Baca juga: Pelanggan Smartfren Sudah Bisa Nikmati Jaringan Pre-5G

Lucunya, peta Indonesia seperti terpotong tanpa memperlihatkan pulau Papua. Ketika disinggung pembangunan di Papua, Djoko Tata Ibrahim menjawab rasional.

Baca Juga:  Komparasi Paket Data Unlimited Smartfren vs Indosat, Pilih Mana ?

“Papua belum untuk tahun ini. Kan menunggu kita punya USO bangunan Palapa Ring. Kalau kita bangun jaringan di sana pakai satelit, pengalamannya pasti jelek. Fiber optiknya harus jalan dulu, baru satelit melengkapi,” pungkasnya.