Beranda News Pengguna Temukan Lagi Bug di iOS 11

Pengguna Temukan Lagi Bug di iOS 11

-

Jakarta,Selular.ID- Sebelumnya, pengguna sempat mengeluhkan bug yang ada di iOS 11.2. Masalah dari pembaruan ini dilaporkan terjadi hampir merata di pengguna iOS seluruh dunia.

Pengguna kebanyakan melaporkan perangkat miliknya tidak dapat bekerja seperti biasa setelah mendapat pembaruan. Masalah ini terjadi tidak lama setelah pembaruan rilis pada 2 Desember, tergantung masing-masing wilayah.

Kini, masalah software kembali menghampiri iOS besutan Apple awal tahun ini. Kali ini, sebuah bug yang mampu menyebabkan sistem crash ditemukan di iOS 11.

Diberitakan Tech Radar, bug ini membuat seseorang yang mengirimkan karakter tertentu menyebabkan iPhone menjadi crash. Tidak hanya itu, bug ini menyebabkan akses ke sejumlah aplikasi seperti WhatsApp, Outlook, hingga Gmail menjadi terblokir.

Berdasarkan laporan, bug ini melibatkan pengiriman pesan dengan karakter bahasa India (Telugu). Jadi, Springboard iOS secara tiba-tiba berhenti bekerja setelah pesan diterima melalui iMessages.

Akibatnya, pesan tidak dapat dimuat dan ditampilkan sebagaimana mestinya. Menurut penuturan sejumlah pihak, hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya kembali normal adalah mengirimkan pesan kembali dan menghapus karakter tersebut.

Sementara untuk aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Gmail, dan Outlook, sejumlah temuan menyebut aplikasi tak dapat berfungsi segera setelah pesan masuk. Kendati demikian, tidak seluruh aplikasi terpengaruh.

Telegram dan Skype termasuk dalam daftar yang disebut tak terdampak bug ini. Pengguna versi beta publik iOS 11.3 juga dipastikan aman dari bug ini.

Bug ini pertama kali ditemukan oleh blogteknologi asal Italia, Mobile World, beberapa waktu lalu. Bug ini ternyata menjangkiti beberapa iPhone yang menjalankan iOS 11.2.5, termasuk beberapa versi Safari dan Message di MacOS.

Apple sendiri tidak tinggal diam mengetahui ada Apple berencana menggulirkan solusi melalui pembaruan sistem, sebelum iOS 11.3 meluncur pertengahan tahun ini.

Artikel Terbaru