SHARE
  • 274
    Shares


Jakarta, Selular.ID – Mengaku mendapat sambutan hangat, HMD Global kian agresif di Indonesia. Setelah tahun lalu mengeluarkan tiga smartphone Android, Nokia 2 melenggang Januari bersama JD.ID dengan harga Rp1,5 juta. Bulan ini, perusahaan memperkenalkan perangkat Android kelimanya.

“Bersama partner baru Lazada, kami dengan bangga menghadirkan Nokia 8 ke pasar Indonesia. Smartphone Android ini punya 3 kelebihan utama: Dual-sight camera, Zeiss optic, dan Ozo audio,” papar Mark Trundle, Country Manager, Indonesia dan ANZ, HMD Global, pada acara peluncuran Nokia 8 di Jakarta (13/2/2018).

Nokia 8 ditawarkan secara eksklusif di Lazada mulai 15-28 Februari 2018 dengan harga Rp6.499.000.

Menariknya, harga yang dipatok perusahaan terbilang lebih rendah dibandingkan harga resmi di negara lain.

Contohnya di Inggris, Nokia 8 dilego GBP499,99 (sekitar Rp9,5 juta) lalu di Australia ditawarkan resmi AUD899 (sekitar Rp9,6 juta).

Bila Anda mengira ada perbedaan spesifikasi, Mark Trundle menegaskan, “Tidak ada perbedaan spesifikasi antara Nokia 8 yang rilis di Indonesia dari versi global.”

Di India, Nokia 8 melenggang Oktober 2017 dengan harga Rs36.999 atau setara Rp7,9 juta. Namun per Februari 2018, perusahaan memangkas harga di sana menjadi Rs28.999 atau setara Rp6,2 juta.

Pemotongan harga itu, dilaporkan Techradar, dikarenakan HMD Global mendapat persaingan kuat dari Honor V10 dan Xiaomi Mi Mix2, dan OnePlus 5T di India.

Sementara di Indonesia, tiga smartphone pesaing itu tidak (atau belum) beredar. Lalu apa alasan HMD Global menentukan harga Nokia 8 lebih rendah dari negara lain?

“Dengan semua fitur yang ada, kami ingin memastikan Nokia 8 adalah perangkat yang cocok untuk konsumen saat ini dan dibangun dengan kerangka material yang akan bertahan lama. Kami tawarkan harga lebih rendah dibandingkan flagship merek lain. Berkonsultasi dengan Lazada, kami akhirnya menentukan harga retail yang dianjurkan untuk Nokia 8 di angka Rp6.499.000,” kata Mark Trundle.

Lebih lanjut Mark menyampaikan, tidak akan ada kesempatan kedua. Timnya harus menentukan harga yang tepat dari hari pertama. Dan itu yang ingin dicapai Nokia, menawarkan produk dengan harga tepat.

Seperti dikatakan Mark, tidak ada perbedaan spesifikasi dari versi global. Nokia 8 mengusung layar 5,3 inci QHD dengan pelindung Gorilla Glass 5.0 dan sudut lengkung 2.5D Glass.

Performa Nokia 8 ditopang prosesor Octa-core Snapdragon 835 dari Qualcomm (Quad 2.36GHz + Quad 1.9Ghz).

Memori RAM 4GB storage 64GB, dual kamera 13MP+13MP di belakang dan kamera selfie 13MP.

Sudah mengadopsi Android Nougat (update Oreo langsung tersedia), fingerprint, dan baterai 3090mAh dengan port USB Type-C untuk isi ulang dan transfer data via kabel lebih cepat.

Dengan harga lebih murah daripada di negara lain, apakah Anda berminat membeli Nokia 8?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here