Jakarta, Selular.ID – Nokia mungkin tidak secara teknis memproduksi ponsel lagi, namun handset bermerek Nokia (buatan HMD Global) dikabarkan mengalahkan penjualan Google, HTC, dan OnePlus.

Analis Counterpoint Neil Shah mengungkapkan di Twitter, smartphone Android bermerek Nokia mengalahkan HTC, Sony, Google, Lenovo, OnePlus, dan sejumlah produsen lainnya di kuartal liburan baru-baru ini.

Menanggapi hal itu, Mark Trundle, Country Manager – Indonesia dan ANZ – HMD Global, mengatakan ‘wait and see’.

BACA JUGA:
Rupiah Melemah, Harga Nokia Turun

“Senang melihat laporan analis-analis independent, tapi kami tidak bisa mengomentari data mereka karena kami tidak tahu berapa dan bagaimana sample yang mereka kumpulkan. Bila kita memiliki waktu 12 bulan dengan portfolio penuh, mungkin kita bisa berbicara lain. Khusus di Indonesia, kami hanya punya 3 smartphone di pasar saat ini dengan waktu penjualan (baru) 6 minggu. Nanti di Juni dan Desember kita lihat perkembangannya,” kata Mark usai acara peluncuran Nokia 8 di Jakarta (13/2/2018).

BACA JUGA:
Nokia Tolak Servis Ponsel dengan IMEI Tidak Terdaftar

Sebelumnya, TechRadar melaporkan bahwa HMD menjual 4,4 juta unit smartphone bermerek Nokia pada Q4 2017, angka penjualan tiga bulan itu melebihi angka penjualan Google Pixel sepanjang tahun.

Meski kinerja Nokia di pasar smartphone terdengar mengesankan di kompetisi yang ketat, namun brand masih berada di daftar terbawah.

BACA JUGA:
Nokia 3.1 Plus Resmi di India, Harga Rp2,4 Juta

Jika angka tersebut akurat maka smartphone HMD Global berada di urutan ke 11 dalam hal pangsa pasar dunia, dengan market share satu persen saja.

Sebagai perbandingan, Nokia pernah mencatat penjualan 10,5 juta perangkat Lumia yang terjual pada Q4 2014 pada puncak era Windows Phone.

BACA JUGA:
HMD Akan Rilis Nokia 9 PureView Bulan Ini?

Baca juga: Mengapa Harga Nokia 8 Lebih Murah di Indonesia?

HMD Global berencana menjadi tuan rumah konferensi pers Mobile World Congress di Barcelona bulan depan. Kita tunggu saja kejutan dari Nokia tahun ini.