Beranda Apps Industri Makanan Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif 2017

Industri Makanan Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif 2017

-

Jakarta, Selular.ID – Ekonomi kreatif di Indonesia telah memberikan kontribusi sebesar Rp920 triliun terhadap total PDB Indonesia 2017. Angka ini meningkat 30% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari sumbangsih tersebut, Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Bekraf menyebutkan, bahwa industri makanan (food) memberikan kontribusi tertinggi mencapai 40%.

“Subsektor yang paling tinggi itu makanan sekitar 40%. Industri kreatif dituntut untuk terus melakukan inovasi agar mampu berdaya saing dan meningkatkan nilai tambah produknya sehingga memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” ujar Fajar di sela-sela acara Gelaran Malam Juara Go-Food di Jakarta (23/02/18).

Fajar melihat bahwa Go-Food sebagai layanan yang ada di Gojek cukup membantu untuk terus memajukan industri makanan di Indonesia. Pasalnya Fajar melihat data yang ada, bahwa 70 hingga 80% mitra merchant Go-Food merupakan pengusaha kuliner yang masuk kategori pengusaha kecil dan menengah.

“Dimana rata-rata transaksi mereka meningkat 2,5 kali sejak bergabung di Go-Food, kami pun tidak tinggal diam, yang dilakukan Bekraf adalah memperluas sektor-sektor utama di ekonomi kreatif ini, karena sebelumnya startup lebih banyak dalam teknologi,” tambah fajar.

Sementara Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Commercial Expansion Gojek menambahkan, bahwa Go-Food disebut-sebut menawarkan solusi terpadu bagi UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Bekraf dan Telkomsel Bawa Startup ke Festival SXSW Amerika Serikat

Dikatakan Catherine, selain dukungan armada untuk pesan antar, marketing dan branding, tahun ini Go-Food memperkenalkan inovasi baru bagi UMKM sebagai solusi yang memudahkan dalam mengatur pesanan dan pencatatan transaki yang datang dari GO- Food, yakni layanan Go-Restro bagi mitra merchant Go-Food.

“Layanan Go-Restro bagi mitra Go-Food, mereka memiliki kebebasan dalam mengelola jam pelayanan, menu dan juga sistem pencatatan transaksi,”tutup Catherine

Buyer's Guide

Dijual Harga Sama, Realme C15 Holiday Edition Usung Prosesor...

Jakarta, Selular.ID - Sambut liburan akhir tahun, Realme memberi kejutan dengan meluncurkan Realme C15...

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait