Facebook Ujicoba Tombol Downvote

Jakarta, Selular.ID – Sebagai media sosial Facebook memang kerap digunakan sebagai media untuk membagi berbagai informasi.

Mulai kata-kata tidak menyenangkan, menyerang juga penyebaran berita palsu. Gerah terhadap itu, Facebook tengah melakukan ujicoba pada fitur barunya.

Diberitakan The Forbes, Facebook  sedang menyiapkan fitur downvote. Banyak yang mengira bahwa fitur tersebut punya fungsi yang sama dengan dislike. Namun nyatanya, tombol ini berfungsi untuk melaporkan komentar tidak pantas di Facebook.

Sebetulnya, fitur untuk melaporkan serta menyembunyikan komentar tidak pantas sudah ada di Facebook. Hanya saja, letaknya masih tersembunyi. Dengan adanya tombol downvote, pengguna dapat melaporkan komentar miring dengan lebih mudah.

Pada tombol tersebut, ada beberapa kondisi yang bisa dilaporkan pengguna seperti kata-kata berbau menyerang, menyesatkan, tidak sesuai topik, dan penyebaran berita palsu.

Uji coba downvote dilakukan Facebook pada sejumlah pengguna Facebook Android di kawasan Amerika Serikat. Meski begitu, tidak semua warga Amerika pengguna Android dapat menikmati fitur ini. Facebook memberikan penyaringan lain pada aplikasi berbahasa Inggris.

Menurut keterangan Facebook, fitur ini akan dimunculkan untuk komentar yang tertera pada halaman Fanpage. Sedangkan untuk Group, fitur ini dipastikan tidak ada.

Kemunculan tombol downvote ini dilakukan Facebook untuk kembali memunculkan interaksi berkualitas antar penggunanya. Walaupun dari data yang ada di Facebook, sebetulnya pengguna Facebook lebih menginginkan tombol dislike.

Sebagai gantinya, Facebook memberikan fitur dislike pada aplikasi Messenger sebagai ekspresi tidak setuju. Tidak seperti diskusi pada Fanpage atau Group, percakapan pada Messenger bersifat lebih privat, sehingga masih bisa ditolerir.

Untuk kolom komentar, Facebook melengkapinya dengan pilihan reaksi pada tombol Like. Reaksi tersebut meliputi suka, love, sedih, tertawa, kagum, dan marah.