Tuesday, August 20, 2019
Home News Facebook Ajak Pelajar Agar Bijak Berinternet

Facebook Ajak Pelajar Agar Bijak Berinternet

-


Jakarta, Selular.ID – Kampanye Think Before You Share yang sudah berjalan selama enam bulan, merupakan program yang digalakan Facebook dengan menggandeng YCAB Foundation dan Do Something Indonesia.

Hal tersebut dilakukan Facebook, sebagai upaya menciptakan pengalaman online yang positif serta bijak, khususnya dalam membuat keputusan mengenai informasi apa yang dapat mereka bagikan secara online.

Clair Deevy, Head of Community Affairs Apac Facebook menjelaskan, bahwa Facebook memulai kampanye Think before Your Share tahun lalu, dengan tujuan supaya remaja Indonesia memiliki kemampuan dasar dan akses sumber refrensi yang mereka butuhkan, untuk turut berkontribusi dalam menciptakan pengalaman online.

“Selama enam bulan terakhir, Facebook telah berhasil melatih 11 ribu siswa di lebih dari 100 sekolah SMA di seluruh Jakarta. Kami juga berhasil mencapai lebih dari 15 ribu jumlah jangkauan(reach) di Facebook dan Instagram melalui kanpanye online Think Before You Share,”ujar Clair di Jakarta (27/02/18).

Dijelaskan Clair, pelatihan yang diadakan di 100 sekolah dirancang secara khusus untuk para siswa berdasarkan kurikulum yang dikembangkan oleh Facebook dan YCAB dengan fokus pada tips dasar seputar keamanan internet dan keterampilan literasi digital yang relevan bagi remaja Indonesia.

Sementara Moni Rejeki, Head of Corporate Engagement, Yayasan Cinta Anak Bangsa  (YCAB) menuturkan, selama pelatihan berlangsung  YCAB kagum dengan semangat para pelajar untuk belajar lebih dalam mengenai literasi digital.

“Selama pelatihan mereka antusias untuk mempelajari setiap kurikulum yang dibagikan untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan empati ketika menggunakan sosial media,”kata Moni, disela-sela acara.

Kampanye Think Before You Share pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2016. Dengan diluncurkan panduan Thing Before You Share, panduan ini dibuat berdasarkan kerjasama dengan YCAB Foundation dan komunitas sosial media anti bullying.

Baca juga: Saham Facebook Terdongkrak Naik Gara-Gara Sebuah Cuitan

Kampanye ini juga telah melakukan tour di tujuh kota termasuk, Jakarta, Malang, Denpasar, Balikpapan, palembang, bandung dan Surabaya yang menjangkau 3,5 jura anak muda secara online dabln 101 komunitas anak muda secara offiline.

Latest