BerandaNewsKecanduan Game Dianggap Memiliki Masalah Kesehatan Mental

Kecanduan Game Dianggap Memiliki Masalah Kesehatan Mental

-

bermain-game-di-smartphone1Jakarta, Selular.ID – Bermain game bagi sebagian orang sepertinya membawa kenikmatan tersendiri sehingga mereka seakan memiliki kecanduan terhadap game yang kerap dimainkannya tersebut. Tidak sedikit juga terdapat kasus dimana orang meninggal akibat kelalaian mereka karena terlalu asyik dengan permainan yang dimainkannya. Oleh karena itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun coba mengklasifikasikan perilaku “gaming disorder” ini sebagai gangguan kesehatan mental.

Tetapi sepertinya tidak semua pihak setuju dengan klasifikasi yang dilakukan oleh WHO ini. Salah satu yang menentangnya adalah The Entertainment Software Association (ESA).

Menurut ESA, sama seperti penggemar olahraga dan konsumen setia dari semua bentuk hiburan yang menarik, gamer bergairah dan berdedikasi dengan waktu mereka. Setelah memikat para gamer selama lebih dari empat dekade, lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia menikmati video game.

“Organisasi Kesehatan Dunia mengetahui bahwa akal sehat dan penelitian objektif membuktikan bahwa permainan video tidak membuat kecanduan,” sanggahnya.

ESA pun menyarankan WHO untuk lebih memperhatikan masalah kesehatan mental yang sebenarnya seperti depresi dan gangguan kecemasan sosial, yang pantas mendapat perawatan dan perhatian penuh komunitas medis.

“Kami sangat mendorong WHO untuk membalikkan arah tindakan yang diusulkannya,” tambahnya.

Nah para gamers, apakah kalian setuju dengan pernyataan ESA tentang masalah ini?

Artikel Terbaru