Wednesday, November 20, 2019
Home News Enterprise Tahun Depan, 90% Perusahaan Indonesia Ingin Beralih ke Cloud

Tahun Depan, 90% Perusahaan Indonesia Ingin Beralih ke Cloud

-

IMG_20171220_182603
Jakarta, Selular.ID – Semua sektor industri dan bisnis di dunia mulai memindahkan lebih banyak aplikasi ke cloud. Hal itu disampaikan salah satu penyedia solusi jaringan F5 dalam laporan terbaru F5 State of Application Delivery (SOAD) 2017.

Data SOAD ini diperoleh F5 dengan melakukan survei terhadap lebih dari 2.000 responden secara global, termasuk Indonesia, di berbagai posisi dan vertikal industri.

“1 dari 5 responden akan memiliki lebih dari 50 persen aplikasi mereka di cloud pada tahun 2017,” papar Fetra Syahbana, Country Manager F5 untuk Indonesia di Jakarta (20/12/2017).

Dari hasil survei terlihat bahwa para peserta yang hadir dalam event tahunan ini sebagian besar didominasi oleh industri Teknologi (21%), Finansial/Asuransi (19%), Telekomunikasi (15%) dan Manufaktur/Konstruksi (11%).

Ada sejumlah temuan menarik dari survei F5 Agility. Meskipun sentimen dan tren keseluruhan cukup identik dengan data di seluruh dunia, pengguna di Indonesia ternyata kurang fokus pada public cloud. Mereka justru menunjukkan minatnya lebih tinggi terhadap private cloud.

Di sisi lain, lebih banyak perusahaan menunjukkan fokus mereka untuk mobile data dan big data, dibandingkan dengan responden di seluruh dunia. Ini benar-benar sesuai dengan kenyataan bahwa tren IT di Indonesia dimotori oleh teknologi dan layanan mobile.

Tim F5 juga menanyakan perkiraan kasar dari persentase aplikasi bisnis mereka yang akan disimpan di cloud pada tahun 2018.

F5 melihat lebih dari 90% responden melihat di antara 25% sampai 75% aplikasinya dipindahkan ke cloud dalam waktu kurang dari 2 tahun. Fakta ini sekitar 20% lebih banyak dibandingkan data dunia.

“Dari data ini, asumsi menarik yang dapat kami ambil adalah bahwa perusahaan sebagai pengguna telah memulai dan merencanakan langkah mereka ke cloud dengan pasti: bisnis beralih ke cloud, aplikasi beralih ke cloud. Namun, tidak benar-benar berfokus pada cloud sebagai tema infrastruktur, seperti yang dilihat dalam pengguna di seluruh dunia,” pungkas Fetra.

Latest