Thursday, November 14, 2019
Home News F5 Proteksi Aplikasi Data Untuk Ekonomi Digital

F5 Proteksi Aplikasi Data Untuk Ekonomi Digital

-

f50

Jakarta, Selular.ID – Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara pernah menegaskan tekadnya untuk menjadikan Indonesia sebagai pemimpin ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi terkait ekonomi.

Namun inovasi yang terjadi dengan cepat dan penggunaan perangkat mobile yang semakin meluas serta minat konsumen terhadap teknologi-teknologi baru yang tidak pernah terpuaskan, memunculkan beragam masalah baru pula berupa serangan yang meningkat terhadap sektor perekonomian yang lebih luas. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan harus memikirkan kembali arsitektur keamanan tradisional untuk fokus pada bagian-bagian yang memiliki kerentanan terbesar, yakni aplikasi dan pengguna.

F5 Networks, penyedia layanan solusi cloud dan security, memperkenalkan solusi-solusi keamanan yang memberikan pemahaman, konteks, dan kontrol untuk mengatasi ancaman-ancaman yang berkembang saat ini. “Para pemimpin perusahaan di berbagai sektor semakin menyadari bahwa kekuatan aplikasi dan aset data dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan fleksibilitas yang dibutuhkan dalam transisi menuju ekonomi digital,” kata Mohan Veloo, CTO, Asia Pacific, F5 Networks.

Sebagian besar trafik web/aplikasi saat ini sudah terenkripsi. Artinya upaya untuk mengatasi masalah keamanan aplikasi dengan menggunakan metode tradisional saja sudah sangat terbatas. Dengan semakin meluasnya enkripsi—termasuk penggunaannya untuk tujuan jahat sebagai bagian dari serangan terarah yang lebih kompleks—perlindungan para pelanggan dan data kini memerlukan pengetahuan mendalam mengenai trafik aplikasi dan perilaku pengguna, informasi mengenai ancaman canggih dan strategi untuk mengatasinya, serta kontrol akses yang praktis terhadap aplikasi dan data.

Beberapa solusi yang disediakan antara lain perlindungan khusus dari Herculon, platform Silverline berbasis cloud, tambahan layanan Security Incident Response Team (SIRT), dan membentuk tim yang beranggotakan para pakar dan peneliti diindustri keamanan

Latest