BerandaTipsCara Hapus Adware di Android Tanpa Root

Cara Hapus Adware di Android Tanpa Root

-

cara menghapus adware android

Jakarta,Selular.ID – Adware merupakan virus iklan yang sering muncul ketika smartphone sudah terinfeksi. Iklan ini biasanya banyak muncul dengan bentuk pop-up yang mengajak kalian untuk mengunduh aplikasi.

Pastinya sangat mengganggu bukan? Apalagi virus iklan ini sering mucul. Adalah hal yang sangat wajib untuk menghapus virus iklan tersebut. Biasanya, adware ini menjelma sebagai aplikasi yang mungkin menurut kalian itu adalah aplikasi sistem. Untuk menghapusnya, ikutilah cara dibawah ini.

 Cara Menghapus Adware pada Ponsel Android

  • Pertama, buka menu Setting – Security – Device Administrator.
  • Setelah itu ponsel akan menampilkan aplikasi dengan administrasinya yang aktif. Jika kalian melihat ada aplikasi yang mencurigakan dengan akses administrasi yang aktif, segeralah untuk mematikannya.
  • Jika sudah, carilah aplikasi mencurigakan tadi di manajemen aplikasi ponsel, lalu hapus aplikasi tersebut. Sebelum menghapusnya, sangat disarankan untuk menghapus data dan cache pada aplikasi tersebut.

Baca juga: Tips Mencegah, Menghapus, dan Mendeteksi Malware di Android

Itulah cara untuk menghilangkan adware pada ponsel Android. Tetapi, jika kalian mendapati virus iklan tersebut masih ada, besar kemungkinan adware tersebut menjelma menjadi aplikasi sistem yang tidak bisa terlacak di manajer aplikasi.

Untuk menghilangkannya, kalian harus masuk kedalam safe mode untuk mencari aplikasi adware yang mencurigakan tersebut, lalu menghapusnya. Tenang, cara ini tidak memerlukan akses root.

Cara Menghapus Adware Melalui Safe Mode

  • Pertama, masuk ke dalam safe mode, setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda untuk masuk ke safe mode. Ponsel saya sekarang ini menggunakan kombinasi tombol power dan volume untuk masuk ke safe mode. Silahkan cari cara untuk masuk safe mode pada ponsel Android.
  • Dalam safe mode, kalian tidak akan menemukan aplikasi yang terinstal di ponsel kalian. Hanya aplikasi sistem saja yang dapat ditemukan di safe mode. Adware kali ini, bisa saja menyamar sebagai aplikasi sistem. Silahkan cari aplikasi yang mencurigakan tersebut.
  • Jika sudah menemukannya, uninstall aplikasi tersebut di dalam safe mode.
  • Jika sudah, restart ponsel.

Dengan begini, sudah bisa dipastikan adware yang ada di ponsel kalian tidak akan ada lagi. Caranya cukup mudah bukan?

Artikel Terbaru