Tuesday, August 20, 2019
Home News Bos MatahariMall Optimis Ritel Akan Tetap Tumbuh Asalkan Lakukan Hal Ini

Bos MatahariMall Optimis Ritel Akan Tetap Tumbuh Asalkan Lakukan Hal Ini

-

IMG_20171115_143642
Jakarta, Selular.ID – Pesatnya bisnis online berpengaruh terhadap kelangsungan toko ritel. Satu per satu pelaku industri ritel di Indonesia mulai mengehentikan operasional gerai ritelnya.

Tercatat, hingga saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha ritel yang menutup gerai usahanya, sebut saja7-Eleven, terbaru, Lotus Department Store dan Debenhams yang akan ditutup oleh PT Mitra Adi Perkasa Tbk pada akhir tahun ini. Sehingga ada kalangan memprediksi bahwa tahun 2020 merupakan awan gelap bagi industri ritel.

Hadi Wenas CEO MatahariMall pun menanggapi hal itu, menurutnya terlalu berlebihan, jika industri ritel akan punah, Hadi mencontohkan kemajuan e-commerce di Cina dan Amerika Serikat, menurutnya Amazon yang sudah berdiri sejak 20 tahun tetap saja marketnya tidak pernah lebih dari 20%, sehingga tetap saja offline masih tetap akan tumbuh.

Namun tetap saja harus ada terobosan yang dilakukan, Menurut Hadi industri ritel harus mampu memadukan online to offline (O2O). Dikatakan Hadi kedepannya keduanya harus berjalan beriringan, dan Hadi memastikan bahwa trend kedepan nanti adalah O2O.

“Saya melihat ritel masih tetap tumbuh masih banyak masyarakat yang masih percaya belanja offline, contohnya masyarakat di rentang usia 30 tahun ke atas yang butuh pergi belanja”kata Hadi di sela-sela peluncuran Loyalty Points O2O di Jakarta (15/11/17)

Hadi juga menambahkan sampai saat ini masih ada sekitar 151 Matahari Departemen Store di lebih dari 60 kota di Indonesia dan Hadi memastikan akan tetap hadir di Indonesia.

“Saya tidak bisa komentari terlalu jauh soal ritel tapi yang jelas ritel akan tetap berkembang seiring dengan terobosan yang terus dilakukan,” tutup Hadi

Latest