Sunday, December 8, 2019
Home News Bayar Zakat Secara Online Lewat Kalkulator Zakat Hasil Kolaborasi MatahariMall dan Baznas

Bayar Zakat Secara Online Lewat Kalkulator Zakat Hasil Kolaborasi MatahariMall dan Baznas

-

IMG_20170531_163315Jakarta, Selular.ID – Guna memberikan kemudahan Masyarakat dalam membayar zakat, MatahariMall.com dan Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan kalkulator zakat online. Dengan kalkulator zakat ini, masyarakat tidak perlu membayar zakat dengan cara konfensional.

Hadi Wenas Ceo MatahariMall menuturkan, melalui kalkukator zakat online ini selain untuk memberikan kemudahan, MatahariMall dan Baznas ingin supaya masyarakat paham dan pentingnya membayar zakat.

“Matahari sebagai e-commerce tidak hanya menyediakan kebutuhan bagi masyarakat untuk berbelanja, namun kami juga ingin mendukung terciptanya pembayaran zakat yang mudah, transparan, dan terpercaya,” ujar Hadi di Jakarta (31/05 /17)

Lebih jauh Hadi menegaskan bahwa kerjasama ini MatahariMall tidak mengambil komisi dalam pembayaran zakat yang dilakukan melalui MatahariMall, karena Hadi menyadari bahwa uang zakat bukanlah haknya. Karena menurut.dia, dari data yang ada di Baznas kesadaran masyarakat terhadap Zakat masih sangat kecil, yakni sekitar 30%.pembayaran zakat di tahun 2016, sehingga dengan adanya kemudahan ini Hadi mengharapkan pembayaran zakat meningkat menjadi 50%.

Hadi juga menambahkan untuk melakukan pembayaran zakat secara online, calon pembayar zakat (muzaki) hanya mengakses MatahariMall disana muzaki akan diarahkan menuju page beriasi informasi dan tata cara pembayaran zakat. Muzaki diberikan dua pilihan pembayaran zakat yaitu zakat profesi dan zakat harta.

Setelah memilih jenis zakat yang ingin dibayarkan, muzaki hanya masukan data penghasilan, harta, hutang piutang yang dimiliki sebagai dasar perhitungan zakat yang ingin dibayarkan.

“Setelah itu kalkukator zakat akan menghitung total pembayaran zakat profesi atau zakat harta yang harus dibayarkan, sehingga pembayar zakat bisa melihat informasi perhitungan zakat lebih transparan,” tutur Hadi lagi.

Sementara Arifin Purwakananta Direktur koordinasi Pengumpulan Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional menuturkan dengan pembayaran zakat melalui online di MatahariMall ini, diharapkan Rp 3 hingga 4 miliar pembayaran zakat bisa diperoleh, dan diharapkan kedepannya masyarakat bisa melakukan pembayaran zakat secara online untuk memudahkan mereka.

Latest