Bhinneka
Jakarta, Selular.ID – Mempunyai basis pengguna kalangan milenial sebanyak 30 persen menjadikan e-commerce Bhinneka tidak asing dengan generasi muda. Berangkat dari pertumbuhan persentase penjualan ke generasi usia milenial (kelahiran tahun 1980-2000) tersebut, membuat Bhinneka ingin lebih dekat lagi dengan mereka.

Bertemu muka dengan milenial, Bhinneka berbagi pendapat mengenai generasi yang “menguasai” masa kini. Pandangan atau insight yang diberikan dirangkum dalam gelaran “Bhinneka Campus Zone” sejak pertengahan September lalu. Kegiatan berupa talkshow dan career coaching ini dilangsungkan secara roadshow ke sejumlah kampus ternama.

Diawali di Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta (11-14 September), dilanjutkan dengan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (25-28 September). Menyusul kemudian, penyelenggaraan di PPM School of Management Jakarta (16-19 Oktober), dan diakhiri di Universitas Indonesia (UI) Depok (26-27 & 30-31 Oktober).

BACA JUGA:
Gandeng Loket, Bhinneka Terjun ke Bisnis Hiburan

Pilihan mana yang lebih baik, meniti karier atau menjalani usaha sendiri? Pertanyaan ini akan terus dilontarkan para generasi muda setidaknya sampai 5 atau 10 tahun mendatang. Terlebih oleh mereka yang baru lulus kuliah dengan rentang usia rata-rata antara 19-23 tahun.

“Mengangkat ‘Millennialpreneur’ sebagai tema utama, kegiatan ini difokuskan kepada mahasiswa sebagai kelompok milenial yang akhir-akhir ini kian gandrung terhadap entrepreneurship atau kewirausahaan,” tutur Irina Marwan, Brand Communication Manager Bhinneka.

BACA JUGA:
Gandeng Loket, Bhinneka Terjun ke Bisnis Hiburan

Ada dua sub topik yang dibawakan dalam setiap penyelenggaraannya. Pertama, “Employee vs Entrepreneur” yang diisi praktisi-praktisi yang memberikan sharing dan tips-tips untuk para mahasiswa yang ingin bergabung ke dalam dunia kerja.

Sesi kedua “Dari Laptop Menjadi Laba” dibuka dengan sharing dari narasumber yang mewakili kalangan profesional atau para pemilik usaha/start-up, atau bisa juga mereka yang pernah menjadi karyawan sembari merintis bisnis sendiri.

Dalam talkshow diketahui, sekitar 40-50% peserta yang hadir, dari berbagai jurusan serta tingkatan, menunjukkan ketertarikan untuk menjadi wiraswasta saat lulus nanti, bahkan beberapa di antaranya sudah merintis bisnis kecil-kecilan sembari kuliah.

BACA JUGA:
Gandeng Loket, Bhinneka Terjun ke Bisnis Hiburan

Dilangsungkan di lingkup kampus, kegiatan “Bhinneka Campus Zone: Millennialpreneur” memang khusus untuk mahasiswa setempat. Namun tidak menutup kemungkinan juga terbuka untuk mahasiswa dari kampus lain, karena pendaftarannya dibuka untuk umum.

“Bhinneka berharap kegiatan knowledge sharing ini bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada para peserta, maupun semua pihak yang terlibat. Mengingat pentingnya topik yang disampaikan, dan harapan kita bersama untuk ekonomi Indonesia yang lebih berdaya,” tutup Irina.