Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Gandeng Pos Indonesia, Bhinneka Optimalisasi Pergudangan dan Distribusi dari Hulu ke Hilir

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Laju pasar ekonomi digital Indonesia di masa pandemi masih dalam momentum bertumbuh dan permintaan masyarakat kian meningkat. Hal ini perlu diiringi dengan pertumbuhan infrastruktur logistik yang baik untuk menjamin kecepatan dan pelayanan baik kepada konsumen sekaligus pelaku bisnis. Untuk itu Bhinneka bersama PT Pos Indonesia mengumumkan kerja sama strategis terbaru untuk memperkuat ekosistem bisnis e-commerce di Indonesia.

Kerja sama sebelumnya terbatas dalam aspek logistik dan pemasaran. Kali ini, mereka saling bersinergi dengan membangun sistem pergudangan dan distribusi e-commerce yang optimal. Termasuk bagi produk BUMN serta UMKM di seluruh Tanah Air. Kerja sama antara kedua perusahaan menjadi harapan besar dalam menyikapi kebutuhan pasar di sektor B2B e-commerce yang terus bertumbuh 15,2% setiap tahunnya (Kenneth Research), melalui layanan yang lebih dekat dan lebih cepat.

“Cakupan wilayah layanan PT Pos Indonesia hingga daerah terpencil sekalipun sangat memungkinkan dalam menciptakan biaya yang jauh lebih bersaing dan cepat untuk proses distribusi. Kerja sama ini tidak hanya memberikan keunggulan dari sisi pemasaran produk BUMN yang dipasarkan oleh Bhinneka, tetapi berlaku juga untuk produk yang berasal dari UMKM,” ungkap Stefanus Didi Hartanto, COO Bhinneka.

“Yang terpenting adalah Bhinneka dapat hadir lebih dekat dan lebih cepat, tak hanya dalam memasarkan produk dan mengirimkan produk ke pembeli, tapi juga menaungi para penjual produk hulu (bahan baku, barang setengah jadi) hingga ke hilir (produk jadi),” papar Didi.

Saat ini Bhinneka yang selama tiga dekade beroperasi di Indonesia sejak 1993 sudah melayani 1,5 juta pelanggan, para pelaku bisnis dari berbagai skala dan sektor, termasuk lebih dari 130 Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah (K/L/PD).

PT Pos Indonesia sendiri hingga saat ini memiliki gudang (warehouse) yang tersebar di 33 provinsi, dan lebih dari 58.000 titik layanan berupa kantor pos, agen pos, hingga mobile postal service yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kolaborasi bersama Bhinneka sebagai super ekosistem bisnis dari hulu ke hilir ini menjadi strategis dengan adanya representatif Bhinneka di 33 provinsi, serta akan semakin dekat dan cepat dalam melayani pasar dengan keberadaan jaringan pergudangan yang dimiliki PT Pos Indonesia.

Gandeng Pos Indonesia, Bhinneka Optimalisasi Pergudangan dan Distribusi dari Hulu ke Hilir

“Transformasi Bhinneka menjadi super ekosistem bisnis menjadi perluasan bisnis kami di industri logistik untuk melayani segmen B2B, dalam hal ini konsumen dan pelaku bisnis seperti produk BUMN dan UMKM. Ke depannya kerja sama ini akan menghadirkan layanan Pospay sebagai sebagai salah satu metode pembayaran milik PT Pos Indonesia sehingga memudahkan transaksi setiap pengguna yang ada,” tutur Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia.

Implementasi konkret kerja sama strategis ini mencakup beberapa aspek layanan, mulai dari layanan berupa Pos Instan dan Pos Express yang dapat dipilih oleh pengguna, layanan pembayaran kemudian, API bagi pengembang aplikasi, dan juga Pick Up Service dan Reporting yang membantu pencatatan dan pelaporan distribusi kiriman produk ke seluruh wilayah Indonesia.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU