Concept Luna, Cara Dell Reuse, Repair, dan Recreating PC

Concept Luna, Cara Dell Reuse, Repair, dan Recreating PC

Jakarta, Selular.ID – Tahun lalu Dell memperkenalkan closed-loop aluminium dari hard drive bekas, bioplastik yang dibuat dari limbah pohon dalam proses pembuatan kertas, dan meningkatkan penggunaan serat karbon reklamasi hingga lebih dari 544 ton (1,2 juta pon). Perusahaan terus berupaya mencari cara-cara baru yang bisa mempercepat upaya meraih tujuan keberlanjutan tersebut. Menindaklanjuti visi menciptakan alur kerja inovatif paralel yang bertugas mempercepat desain sirkular, kini Dell memperkenalkan prototipe Concept Luna.

Concept Luna adalah proof-of-concept yang dikembangkan bersama dengan Intel dan mengeksplorasi ide-ide desain revolusioner untuk membuat berbagai komponen PC bisa dengan cepat didapatkan, diganti, dan digunakan kembali, yang artinya mengurangi penggunaan sumber daya dan memastikan ada lebih banyak material sirkular yang bisa digunakan.

Konsep ini diciptakan untuk menguji coba material apa yang mungkin dan yang tidak mungkin untuk diproduksi dan dijual. Tapi, jika semua ide desain dari Concept Luna bisa direalisasikan, Dell memperkirakan perusahaan bisa mengurangi jejak karbon produk-produk Dell hingga sekitar 50 persen.

Desain produk berperan besar dalam mewujudkan semua tujuan tersebut. Aktivitas desain sirkular yang saat ini dilakukan Dell terus mendorong keunggulan seluruh portofolio produk-produk Dell untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut.

“Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang krisis iklim, limbah elektronik, dan kendala sumber daya, pertanyaan kita adalah bagaimana kita dapat mendorong penggunaan kembali (reuse) dan dapat mengurangi jejak karbon produk-produk Dell secara signifikan,” kata Glen Robson, Chief Technology Officer, Client Solutions Group.

Concept Luna: Mengurangi jejak karbon produk-produk Dell

Dell tidak pernah berhenti mencari cara-cara baru untuk meningkatkan efisiensi energi, menghasilkan daya dan sistem pendinginan yang lebih baik, serta bereksperimen dengan material-material yang memiliki jejak karbon lebih kecil untuk membantu menghadirkan perangkat yang menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih kecil (decarbonized).

Motherboard adalah salah satu komponen yang paling banyak mengkonsumsi energi, Dengan memperkecil total ukuran motherboard hingga sekitar 75 persen (saat ini ukurannya lebih kecil dari 5.580 mm2)2 dan mengurangi jumlah komponen dalam motherboard sekitar 20 persen, diperkirakan jejak karbon motherboard dapat dikurangi hingga 50 persen.

Tata letak (layout) semua komponen internal dirancang ulang, yaitu dengan memindahkan motherboard yang sudah diperkecil ke penutup atas membuatnya lebih dekat ke area permukaan yang lebih luas dan terpapar udara sejuk dari luar laptop. Memisahkan motherboard dengan unit pengisian baterai di bagian bawah memungkinkan distribusi panas pasif yang lebih baik, yang bisa sepenuhnya menghilangkan kebutuhan penggunaan kipas.

Visi Masa Depan: Reuse, Repair, dan Recreating

Inti dari Concept Luna sederhana – beralih dari menggunakan kemudian mendaur ulang ke menggunakan, menggunakan kembali beberapa kali, kemudian mendaur ulang material-material yang tidak bisa lagi digunakan di bentuk aslinya. Menegaskan visi dari apa yang mungkin bisa diwujudkan.

Mengurangi jumlah baut hingga 10 kali lipat. Hanya dibutuhkan empat baut mengakses komponen internal, yang artinya mengurangi waktu reparasi (untuk membongkar, memperbaiki, dan memasang kembali komponen-komponen utama) hingga sekitar 1,5 jam (16x lebih cepat daripada waktu reparasi produk serupa saat ini).

Konstruksi palm rest sengaja dirancang untuk memudahkan reparasi dan penggunaan kembali. Mekanisme keyboard dirancang agar mudah untuk dibersihkan, dipisahkan dari komponen-komponen lain, dan didaur ulang.

Baterai deep-cycle cell canggih yang digunakan memungkinkan pengisian daya yang panjang sehingga baterai dapat digunakan selama bertahun-tahun, meningkatkan potensi perbaikan dan penggunaan ulang jauh setelah produk pertama telah berakhir masa pakainya.

Printed Circuit Board (PCB) berbasis bio baru dibuat dengan serat rami (flax) sebagai papan dasarnya dan polimer yang larut dalam air sebagai lem. Yang menarik papan dasar serat rami menggantikan papan dasar plastik laminasi tradisional. Dan lem polimer yang larut dalam air dapat “hancur”, artinya pendaur ulang dapat lebih mudah memisahkan bagian-bagian logam dan komponen dari papan dasar komponen tersebut.