Monday, August 26, 2019
Home News FinTech Fintech P2P Lending Modalku Raih Penghargaan Internasional

Fintech P2P Lending Modalku Raih Penghargaan Internasional

-

Modalku-ITU-Awards
Jakarta, Selular.ID – Modalku menjadi satu-satunya startup Indonesia yang pernah memenangkan Global SME Excellence Award dari salah satu badan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, ITU Telecom. Penghargaan ini diterima Modalku di acara ITU Telecom World 2017 yang diadakan di Busan, Korea Selatan.

Penghargaan bergengsi ini diberikan ke startup yang menyediakan solusi teknologi komunikasi dan informasi paling inovatif bagi permasalahan sosial di masyarakat. Setiap tahun, panel juri International Telecommunication Union (ITU) yang terdiri dari pakar kelas dunia memilih satu startup yang paling mewakili misi penghargaan ini. Di tahun 2017, FinTech peer-to-peer (P2P) lending Modalku mengalahkan ratusan pendaftar lain dari seluruh dunia.

Modalku menyediakan layanan P2P lending, di mana UMKM berpotensi dan pencari investasi alternatif dipertemukan lewat pasar digital. Dengan mendanai pinjaman UMKM, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat return menarik, lebih tinggi dibandingkan deposito dan obligasi.

Di sisi lain, UMKM peminjam mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan proses online yang mudah dan cepat. Modalku merupakan platform P2P lending terbesar di Indonesia, dengan total penyaluran dana sekitar Rp 320 miliar ke 690 pinjaman UMKM di Indonesia.

Secara historis, pemenang ITU Telecom World Awards merupakan perusahaan-perusahaan yang menggunakan inovasi teknologi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dengan teknologi komunikasi dan informasi. ITU Telecom merupakan platform netral dan not-for-profit di bawah PBB yang memiliki misi membawa inovasi teknologi komunikasi dan informasi ke komunitas dunia.

Atas penghargaan yang diterima, Iwan Kurniawan selaku Co-Founder dan COO Modalku mengatakan, “Misi utama Modalku adalah menciptakan inklusi finansial di Indonesia melalui inovasi teknologi dan pemberdayaan sektor UMKM yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional. UMKM membutuhkan modal usaha untuk berkembang namun mayoritas tidak memiliki akses terhadap produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan menyediakan pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan proses online yang mudah dan cepat bagi UMKM, Modalku ikut berperan aktif memajukan ekonomi Indonesia.”

Fadhilah Mathar, Direktur Umum Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika, Kementerian Kominfo, menyatakan sangat bangga atas pencapaian anak-anak bangsa di tingkat internasional. Beliau mengatakan bahwa salah satu tujuan dari partisipasi Kementerian Kominfo dalam ajang bergengsi ini adalah menjadi fasilitasi pemerintah dalam menjembatani startup menuju skalabilitas bisnis yang lebih tinggi.

Modalku juga merupakan platform P2P lending terbesar di Asia Tenggara. Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia dengan nama Funding Societies. Secara regional, Modalku telah menyalurkan sekitar Rp 665 miliar ke 1050 pinjaman UMKM.

Sejak awal Juni 2017, Modalku telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Modalku telah menerima beberapa penghargaan lain, di antaranya masuk daftar Fintech 250 CB Insights yang berisi perusahaan-perusahaan terbaik dunia yang melakukan terobosan inovasi dalam bidang teknologi finansial.

Latest