Jakarta, Selular.ID – Seiring dengan pemberlakuan GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) di sejumlah wilayah di Indonesia, menjadi bonus tersendiri bagi manajemen Blue Bird Group di Bali. Menjadi perusahaan yang siap ikut sukseskan GNNT, seluruh pengemudi taksi Blue Bird semenjak awal sudah dibekali uang elektronik.
Seiring dengan beroperasinya tol Bali Mandara, Blue Bird Bali juga berupaya untuk mengikuti perkembangan dengan menambah kenyamanan customer melalui penggunaan uang elektronik, sehingga customer tidak perlu merasakan antrian kemacetan di pintu Tol.
Panca Wiadnyanya, GM Blue Bird Area Bali dan Lombok, mengungkapkan bahwa komitmen pengunaan uang elektronik di internal perusahaannya dalam transaksi keseharian sudah dicanangkan sejak Juli 2016. Dengan dukungan dua Bank BUMN (Bank Mandiri dan BRI), penggunaan uang elektronik ini terus disosialisasikan.
Secara perlahan penggunaan ini terus diperluas mulai dari transaksi kebutuhan sehari hari, pembayaran tol hingga pembelian pertalite.
“Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan uang elektronik dalam bertransaksi, antara lain; Kenyamanan customer, Penghematan dalam transaksi karena nominal yang dibulatkan (diperkirakan dari pembelian pertalite bisa dihemat lebih dari 300 juta dalam setahun), berkurangnya waktu antrian dirasakan oleh pengemudi membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit,” terang Panca.
Karena komitmen tersebut, Blue Bird Bali diganjar penghargaan khusus dari Bank Indonesia atas upaya dalam turut menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai. Panca mengungkapkan banyak sekali tantangan yang dilalui baik dari internal maupun external.
“Resistensi tentu ada, namun hanya dibutuhkan pemahaman yang mudah dalam sosialiasi dan tentunya didukung dengan penggunaan yang mudah misalnya akses untuk top up,” jelas Panca.
Tidak hanya penggunaan uang elektronik dalam transaksi, secara nasional PT Blue Bird Tbk juga sudah menyiapkan kemudahan dalam pembayaran taksi melalui aplikasi MyBlueBird, baik melalui reservasi maupun stop dimanapun dan membayar non tunai dengan fitur Easy Ride.
Khusus area Bali dan Lombok, untuk mendukung GNNT ini Blue Bird Bali memberikan discount hingga 20% untuk mendorong customer bertransaksi secara non tunai.