SHARE

IMG-20170802-WA0022Jakarta, Selular.ID – Sebagai media sosial yang memiliki banyak pengguna di Indonesia Facebook menyadari bahwa banyak informasi baik tulisan dan video yang dishare dari Facebook untuk meminimalisir hal itu Facebook pun disebut-sebut memiliki fitur khusus untuk pengguna di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Semuel Abrijani Pangerapan (Semmy) Dirjen Aplikasi Informatika, dikatakan dia mengenai pengendalian control konten-konten negatif , saaat ini Facebook sudah wmiliki fitur baru. Fitur khusus untuk Indonesia.

“Ada beberapa konten yang tidak bisa diakses di Indonesia, bertengantangan yang ada. Jadi fitur regional blocking yang memfilter dan itu yang dilaporkan ke kita,” ujar Semmy.

Pasalnya menurut Semmy aturan pornografi di Indonesia memang sudah cukup jelas, dan peraturan yang ditetakan di Indonesia tidak sama dengan negara lain, dan itulah fungsi regional blocking.

“Jadi ketika kita menemukan konten yang di Indonesia tidak bisa diakses nanti saat pengguna ingin mengklik, akan ada  pemberitahuan konten tidak bisa diakses, dan itu sudah ada,” kata Semmy lagi

Sammy menambahkan untuk penangan hoax ini memang perlu kerjasama yang intens antara Indonesia dan tim Facebook, konteks luarnya. Apalagi jika bicara di Indonesia.

Pasalnya pemberitaan hoax atau tidak jika sudah ada di  media sosial menurut Semmy peredaran sangat cepat. Untuk menangakal itu Semmy mengatakan sedang diatiur, Facebook  juga buat algoritma khusus Indonesia bagaimana untuk menangkal hoax, yang bisa dilakukan oleh tim terpadu.

“Nantinya pemantau bisa memberi masukan dan menentukan berita itu hoax atau tidak dan waktu berapa lama, mereka juga lagi menyiapkan dan sudah dilakukan.,” pungkas Semmy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here