Microsoft Kembangkan Fitur Eye-Tracking di Windows 10

eye control windows 10

eye control windows 10

Jakarta,Selular.ID – Bagi sebagian orang yang lahir secara normal, melakukan kegiatan sehari-hari seperti menulis, membaca, mengoperasikan komputer atau yang lainnya mungkin itu adalah sesuatu yang biasa. Namun berbeda dengan beberapa orang yang lahir secara tidak normal, mereka butuh perangkat tambahan demi menunjang kegiatan sehari-hari.

Sekarang ini, platform seperti Windows, Android, iOS maupun MacOS sudah lama menawarkan fitur aksebilitas yang berguna bagi penyandang disabilitas. Fitur yang dapat ditemukan di panel settings pada perangkat itu, sejatinya dapat membantu pengguna untuk berinteraksi dengan komputer.

Seperti yang Selular rangkum dari laman Ubergizmo, Rabu (2/8), raksasa teknologi Micorosft kembali meningkatkan fitur aksebilitas terhadap sistem operasi Windows 10. Salah satu fitur baru yang dapat digunakan untuk para penyandang disabilitas ialah fitur Eye Control.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas seperti mengetik, membuka aplikasi ataupun hal yang lain hanya dengan memusatkan perhatiannya pada layar komputer. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi penyandang disabilitas yang ingin mengoperasikan komputer.

Jake Cohen selaku Manajer Program pada tim Windows Interaction Platform, megatakan bahwa mereka telah melakukan banyak pekerjaan hebat untuk mengembangkan fitur ini.”Ketika saya mendengar kabar bahwa tim Ability Eye Gaze sedang mengembangkan sebuah alat, kemudian mereka benar-benar menciptkannya. Saya sangat senang, dan kami mulai memikirkan kemungkinan apa yang dapat dilakukan alat tersebut di masa mendatang,” tambah Cohen.

Dalam mengembangkan Eye Control, Microsoft bekerja sama dengan Tobii Technology, yakni perusahaan yang bergerak di bidang pelacakan mata. Mereka menciptakan perangkat sendiri bahkan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk menciptakan perangkat lunak pelacakan mata, yang berguna untuk segala keperluan, seperti game.