Friday, September 20, 2019
Home News Startup Tingkatkan Kesadaran Akan Produk Lokal, Marketplaces Otenta Khusus Jual Produk Asli Indonesia

Tingkatkan Kesadaran Akan Produk Lokal, Marketplaces Otenta Khusus Jual Produk Asli Indonesia

-

Otenta-Screenshot

Jakarta, Selular.ID – Industri e-commerce  kembali diramaikan kehadiran marketplace baru. Marketplaces yang khusus menjual produk buatan pengrajin lokal bernama Otenta. Marketplaces ini hadir pada 15 Agustus 2017.

Dalam situs resminya, Anton Liu Pendiri Otenta menjelaskan, bahwa Otenta ini membidik pasar kelas menengah ke atas dengan menawarkan produk berkualitas yang telah dikurasi oleh tim Otenta.
Anton merujuk data dari Kemkominfo meski total transaksi dari industri e-commerce Indonesia mencapai angka yang cukup tinggi (hingga Rp200 triliun), namun kontribusi produk lokal baru berkontribusi sebesar 5% dari seluruh transaksi.

Dengan melihat data itu, Otenta sebagai wadah untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan keanekaragaman produk lokal buatan Indonesia. Menurutnya Indonesia mempunyai potensi bisnis yang begitu besar dalam menjembatani insan kreatif di ranah e-commerce.Namun dalam praktiknya, Anton melihat bahwa masih kurangnya ketersedia wadah bagi pelaku industry kreatif lokal.

“Hal ini menjadi masalah karena membuat eksistensi produk buatan lokal kurang terekspos, hingga akhirnya tenggelam di antara produk nonlokal yang marak dijajakan pada marketplace online,’kata Anton

Otenta resmi meluncur dengan menggandeng sejumlah UMKM serta beberapa peritel ternama yang menyumbangkan lebih dari tiga ribu jenis produk (SKU). Sekitar 60% produk tersebut berasal dari kemitraan dengan sejumlah pelaku UMKM dan desainer lokal.

Sejumlah kategori produk yang ditawarkan antara lain meliputi busana pria-wanita, barang seni rupa, aksesoris, serta jajanan khas dari sejumlah kota di Indonesia.

“Otenta ingin memperkenalkan keragaman produk-produk lokal, sekaligus meningkatkan kesadaran mereka akan produk Indonesia yang berkualitas,” ungkap Anton.

Agar platform marketplace buatannya bisa bersaing menghadapi kompetitor, Otenta ke depan juga akan memadukan aktivitas jual beli offline untuk membantu tingkatkan penjualan produk mitra mereka di pasaran.

Anton mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang mengupayakan proses kerja sama dengan beberapa penyedia layanan jasa logistik tanah air. Di samping itu, Anton juga menjelaskan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan aplikasi mobile untuk meningkatkan traksi pengguna. Aplikasi Otenta untuk Android rencananya akan rampung pada Maret 2018, kemudian menyusul versi iOS pada Juni 2018.

Latest