Tuesday, July 16, 2019
Home News E-Commerce Shopee Terus Genjot Pelaku UMKM Untuk Mengekspor Produknya

Shopee Terus Genjot Pelaku UMKM Untuk Mengekspor Produknya

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam satu tahun pelaksanaan peta jalan e-commerce tahun 2017-2019, diakui masih adanya isu strategis terkait ekonomi digital yang belum tercantum.

Salah satunya tentang tanggung jawab pelaku e-commerce untuk melakukan penguatan terhadap usaha kecil mikro menengah (UMKM).

Oleh karena itu, Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia menjelaskan, e-commerce dinilai dapat memberikan kesempatan untuk mendorong UMKM, salah satunya ekspor bagi UMKM di Indonesia, artinya para UMKM bisa menjual produknya diluar Indonesia seperti Malaysia dan Singapura.

“Mengenai itu Shopee sudah melakukan merintis dukungan bagi produk lokal dan pelaku UMKM melalui kreasi Nusantara, yang sudah dilajukan kedua kalinya dengan megandeng penjual terpilih, dengan dilatih pihat terkait seperti Shopee dan Direktorat Ekspor Bea dan Cukai,”ujar Radityo, di Jakarta (03/07/19).

Dikatakan Radityo, laman yang didedikasikan khsusus untuk memberikan sorotan bagi produk lokal dan UMKM ini telah mengkurasi berkisar 25 ribu produk lokal setiap minggunya, dengan peningkatan transaksi hingga delapan kali lipat sejak diluncurkan.

Seperti diketahui, sebagai lanjutan program ekspor pertamanya Kreasi Nusantara dari lokal Untuk Global, Shopee menggelar kelas intensif kedua kalinya melalui kampus Shopee bagi para penjual terpilih.

“Kelas Dua Kreasi Nusantara merupakan upaya lanjutan kami untuk secara intensif mendampingi para penjual terpilih ekspor pertama mereka. Hal ini diharapkan dapat mengisi kesenjangan pengetahuan dan kemampuan para pelaku UMKM untuk melakukan ekspor secara mandiri,”tutur Radityo.

Dalam kelas intensif yang memberikan pelatihan adalah Rama Darmawan, Opertions Senior Manager Shopee Indonesia, dan Vita Budhi Sulistyo, Kepala Subdit Ekspor Dirjen Bea dan Cukai.

Latest