Jumat, 21 Juni 2024
Selular.ID -

Program Facebook Ini Dorong Anak Muda Indonesia Supaya Kritis

BACA JUGA

Foto 2-1Jakarta, Selular.ID – Facebook dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) meluncurkan Program Literasi Digital sebagai kampanye Think Before You Share. Program yang memasuki tahun kedua ini dirancang untuk mendukung kemampuan berpikir kritis anak-anak muda Indonesia.

Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives, APAC, Facebook, dalam keterangan resminya menjelaskan, YCAB dan Facebook akan menyelenggarakan 100 acara di 100 sekolah menengah atas untuk pelajar di seluruh Jakarta dan kota-kota sekitarnya.

Konten dikembangkan oleh YCAB dan Facebook dengan fokus pada tips dasar keamanan internet dan kemampuan literasi digital yang relevan untuk anak muda Indonesia.

“Facebook bertujuan memberi orang Indonesia kekuatan dalam membangun komunitas dan menjadikan dunia jauh lebih dekat. Komunitas Facebook di Indonesia saat ini 115 juta orang,” tutur Clair Deevy.

Dijelaskan Clair Deevy seiring dengan perkembangannya, Facebook ingin
memberdayakan penggunanya untuk terus membangun komunitas yang aman dan otentik.

Dia juga mwnyebutkan bahwa komunitas di Indonesia saat ini terus berkembang dan mereka menggunakan Facebook untuk terhubung dengan teman, kelompok, bisnis dan momen-momen yang paling berarti bagi mereka.

“Kami bangga dapat melanjutkan kerja sama kami dengan YCAB untuk mendukung anak muda agar bisa terus membangun kemampuan Literasi Digital mereka dan memastikan mereka menjadi bagian dari komunitas online yang aman dan saling menghargai,” ujar Clair Deevy lagi.

Pada tahun 2016, dikatakan Clair Deevy program ini dapat melatih 1.400 pemuda secara offline, dan tahun ini Clair Deevy berharap bisa menjangkau 10.000 pemuda di 100 sekolah.

Sementara M.Farhan, Sekretaris Jenderal dari YCAB Foundation, mengatakan, Misi YCAB adalah untuk membantu anak muda Indonesia agar menjadi mandiri. Program Literasi Digital merupakan bagian penting dari pekerjaan YCAB untuk mendukung keamanan online anak muda dan memastikan mereka mempunyai keterampilan yang tepat untuk berkontribusi dalam membuat komunitas online yang positif.

Program ini dikatakan M Farhan dirancang untuk membantu pelajar menganalisa konten di media sosial dan menerapkan pemikiran kritis dan empati mereka sendiri untuk
memahami bagaimana informasi tersebut membentuk opini mereka.

Sebanyak 100 workshop Literasi Digital di 100 sekolah menengah atas ini juga akan ditindaklanjuti dengan sebuah kampanye online dan Campaign Day Out yang didukung oleh Do Something Indonesia.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU