Monday, June 17, 2019
Home News Keren! Lima Mahasiswa Asal Jogja Membuat Meteran Listrik Pintar

Keren! Lima Mahasiswa Asal Jogja Membuat Meteran Listrik Pintar

-

listrik pintar

Jakarta,Selular.ID – Kelima mahasiswa dari Universitas Gajah Mada yakni Oca Tantya Saputra, Damai Bela Nusantara, Muhammad Yasirroni, Dimas Pulung Herjuno, dan Allefya Fadhila Ramadhani tidak seperti mahasiswa pada umumnya. Terbukti, berkat kejeniusan mereka, kelima mahasiswa tersebut mampu membuat meteran listrik pintar. Alat tersebut diberi nama ‘SMART’,yang artinya Solusi Metering Adaptif untuk Rumah Tangga.

Salah satu mahasiswa mengatakan, SMART berfungsi sebagai pelengkap meteran listrik. Alat itu dibuat untuk meminimalisir terjadinya padam listrik akibat masalah pada penggunaannya. Lebih jelasnya, jika terjadi overload atau korsleting listrik, maka listrik yang akan mati hanya pada alat yang mengalami overload atau korsleting listrik saja.

Salah satu yang menarik perhatian pada alat ini adalah adanya dukungan aplikasi mobile. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memonitor penggunaan listrik di rumah yang telah dipasangi SMART. Aplikasi ini akan memberikan tindakan yang responsif berbentuk notifikasi.

Tindakan responsif pada aplikasi ini adalah saat terjadi overload, maka alat pintar secara otomatis akan menon-aktifkan alat elektronik khusus. Tindakan tersebut juga berlaku saat hubungan singkat atau korsleting pada salah satu alat rumah tangga.

Bukan hanya bisa dipakai dirumah, alat pintar buatan mereka diklaim juga bisa digunakan di bidang industri. Mekanismenya pun sama, hal ini juga bisa mengurangi angka cacat produksi akibat gangguan listrik.

Oca menambahkan, jika SMART digunakan secara masif di seluruh Indonesia, maka alat ini akan bisa saling berkomunikasi dan membentuk komponen sebagai smart city. Hal ini juga berdampak dalam mengatasi kekurangan listrik di Indonesia.

Latest