Thursday, September 19, 2019
Home News Manfaatkan Drone, Smart Luncurkan Desa Siaga Api

Manfaatkan Drone, Smart Luncurkan Desa Siaga Api

-

droneJakarta, Selular.ID – Menghadapi musim kemarau 2016, anak perusahaan Golden-Agri Resources (GAR), Smart, meluncurkan program Desa Siaga Api. Program ini memberdayakan masyarakat lokal untuk pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

Melalui program Desa Siaga Api, warga desa akan dilatih dan diberikan sarana dan prasarana pemadaman api. Program ini juga memberikan insentif (reward) kepada desa terbaik yang berhasil mencegah dan menangani potensi kebakaran, berupa bantuan pembangunan infrastruktur sosial tambahan, atau bantuan pendampingan teknis dari Smart.

Sebanyak 15 orang dari setiap desa akan dipilih dan dilatih menjadi sukarelawan Desa Siaga Api dari delapan desa yang dijadikan proyek percontohan di Ketapang, dan nantinya dari sembilan desa lainnya di Jambi.

Seluruh sukarelawan akan dilatih dan didukung dalam melakukan pemantauan titik api secara efektif, serta menyampaikan informasi secara cepat ke tim penanggulangan, baik melalui surat elektronik, pesan pendek (sms), telepon, maupun cara-cara berkomunikasi lainnya. Pemantauan lokasi dan titik-titik api juga dilakukan dengan menggunakan teknologi drone, pesawat tanpa awak, juga sistem monitoring hot spot berbasis satelit yang hasil pengolahan datanya akan diteruskan ke Posko Satgas Desa Siaga Api di wilayah operasinya.

Selain itu, menggunakan teknik participatory mapping, masyarakat didorong secara aktif untuk memetakan batas-batas desa dan merencanakan penggunaan lahan di wilayah mereka. Peta ini akan membantu masyarakat dalam memperjelas tugas dan tanggung-jawab setiap desa dan antar desa dalam pencegahan dan penanganan kebakaran.

Program Desa Siaga Api juga menawarkan solusi alternatif praktek pertanian tanpa membakar, termasuk pelatihan pertanian di tanah demplot (demonstration plot) yang disepakati warga, penggunaan pupuk ramah lingkungan, perbaikan tata kelola air dan sebagainya.

Untuk tahap pertama, program Desa Siaga Api ini dilaksanakan di delapan (8) desa binaan di Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Sembilan (9) desa lainnya akan menyusul di wilayah Provinsi Jambi pada bulan April tahun ini.

Selain meluncurkan program Desa Siaga Api, Smart juga telah menyiapkan lebih dari 10 ribu personil tanggap darurat, lebih dari 20 jenis peralatan pemadam kebakaran baru, dan sejumlah tenaga medis.

Latest