Jack Ma: Ada 2 Tantangan yang Harus Dipenuhi E-commerce Indonesia

IMG_20170823_072927Jakarta, Selular.ID – Pemerintah Indonesia secara resmi menyampaikan undangan kepada Jack Ma, Pendiri dan Executive Chairman Alibaba Group untuk menjadi penasihat Steering Committee e-commerce Indonesia. Hal tersebut disamoaikan dalamboertemuan antara Menteri Koordinator Perekenomian Indonesia Darmin Nasution dengan Jack Ma, yang didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Beijing (22/8/2017).

Saat menerima perannya tersebut, dalam keterangan resmi yang diterima Selular, Jack Ma mengungkapkan bahwa penduduk Indonesia tersebar di lebih dari 17.000 pulau, karenanya membangun jaringan logistik yang komprehensif menjadi sebuah tantangan besar yang tengah dihadapi oleh industri e-commerce di negara ini.

“Untuk mengatasi hal ini, dua persoalan mendasar terkait infrastruktur harus diselesaikan, dengan melihat jaringan informasi dan jaringan logistik,” ungkap Jack Ma.

Oleh karena itu, Alibaba mengundang Pemerintah Indonesia untuk mengunjungi kantor pusat perusahaannya di Hangzou untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai pembangunan bisnis e-commerce di China melalui beberapa kegiatan berbagi ilmu dan pelatihan lainnya.

Lebih lanjut Jack Ma menyampaikan bahwa dirinya akan datang bukan sebagai perusahaan Tiongkok, namun akan mengembangkan ekosistem agar UMKM, masyarakat sub urban dan pedesaan, khususnya di dunia yang sedang berkembang sehingga bisa mendapat nilai tambah ekonomi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Rudiantara mengatakan bahwa permintaan resmi ini dilakukan menindak lanjuti dikeluarkannya PerPres PetaJalan eComerce yamg ditandatangani Presiden Jokowi pada 3 Agustus lalu.

“Jack Ma diminta memberikan advise kepada Steering Committee dari inisiatif-inisiatif pada PetaJalan eComerce yang diketuai Menko Perekonomian,” kata Rudiantara.