Beranda Apps Sony Stop Layanan Pengenal Musik TrackID

Sony Stop Layanan Pengenal Musik TrackID

-

Sony-TrackID
Jakarta, Selular.ID – Layanan pengenal musik dari Sony, TrackID segera dihentikan. Hal itu termaktub dalam pemberitahuan resmi di aplikasi smartphone besutan vendor Jepang.

Sama seperti aplikasi pengenal lagu Shazam dan SoundHound, TrackID akan memberitahukan judul lagu saat mendengar sepenggal bunyi atau suara. Bedanya, TrackID terinstal langsung (default) di smartphone Sony.

Namun seiring kemajuan teknologi dan cepatnya akses internet, pemilik smartphone (merek apa saja) kini dengan mudah menemukan judul lagu, nama penyanyi, tanpa harus memiliki layanan khusus pengenal musik. Cukup buka peramban dan tanya “Lagu apa ini?” maka Google akan menjawab dengan cepat.

Tapi bagi mayoritas pengguna perangkat Sony, TrackID sangat layak digunakan karena langsung termuat di perangkat mereka dan karena ia bekerja dengan sangat baik. Layanan dengan cepat memberi tahu judul lagu dan artisnya, sembari juga menyediakan cara untuk mendengarkan lagu, tonton video mereka, periksa biografi artis, dan simpan lagu yang Anda temukan ke Spotify.

Sayangnya, TrackID akan dihentikan mulai 15 September 2017. Alasannya, “bisnis perlu bergerak maju”. Tidak ada alasan lain yang diutarakan dalam aplikasi, namun banyak pihak menyebut bahwa layanan membutuhkan banyak data, transaksi musik, dan pemeliharaan agar tetap up-to-date dan itu adalah sumber daya yang tidak dapat dimiliki Sony lagi.

Jika Anda pernah menggunakan TrackID di masa lalu, Anda akan kehilangan semua riwayat Anda pada tanggal 15 September dan tidak ada cara mudah untuk mengekspornya. Sedangkan untuk kebutuhan pengenalan musik Anda mulai sekarang, Sony merekomendasikan untuk menggunakan Shazam sebagai gantinya, karena Shazam bisa bekerja melalui perintah suara OK Google.

Artikel Terbaru