Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Satu Tahun Pokemon, Mati atau Berkembang?

BACA JUGA

pokemon-go-safetyJakarta, Selular.ID – Satu tahun yang lalu, Pokemon Go mengguncang dunia seperti badai. Pokemon merupakan aplikasi dengan pertumbuhan tercepat sepanjang masa. Satu tahun kemudian, apakah Pokemon Go mati?

Berdasarkan data pengembang Niantic, 65 juta orang bermain game Pokemon Go, setiap bulannya. Sebagai perbandingan data, Uber hanya memiliki 40 juta pengguna aktif bulanan. Semua game hit, Blizzard – World of Warcraft, Overwatch, Hearthstone, Diablo, StarCraft dan sisanya – hanya menambahkan hingga 41 juta pengguna bulanan gabungan.

Kemudian bila kita melihat dan membandingkan dengan permainan paling populer di dunia, seperti Liga Legends (100 juta), atau aplikasi yang sangat populer seperti Pandora (77 juta) dan Spotify (140 juta). Nah sekarang bisa terlihat skala Pokemon Go.

Menyambut ulang tahun setahun Pokemon Go, pendiri dan CEO pengembang Niantic, John Hanke, memaparkan perasaan dan pemikirannya dalam sebuat rangkuman wawancara yang dikutip dari CNET.

Berikut adalah transkrip wawancara singkat yang telah diedit.

Apa saat Anda tahu bahwa Anda telah berhasil, Pokemon Go akan menjadi sensasi?

Hanke: Kami baru saja meluncurkan. Astaga, beberapa negara dan saya harus pergi ke Jepang di tengah peluncuran kami. Saya berada di Jepang dengan putra sulung saya yang masih kuliah, dan kami baru saja pergi ke Kyoto untuk berjalan-jalan sebelum mendatangi sebuah acara Ingress di Tokyo.

Anda tahu, Kyoto benar-benar indah, tapi agak tenang, tempat spiritual. Kami mengunjungi kuil Buddha ini dan hutan. Saya mulai mendapatkan teks-teks ini dari istri saya. Dia mengirimi saya hal yang telah muncul di Laporan Colbert dan Jimmy Fallon, dan tentu saja tweet dari orang terkenal dan atlet dan hal-hal seperti itu.

Bagi saya, inilah saat yang aneh ini, karena saya berada di tempat yang sepi ini, dan inilah hal gila yang tidak dapat saya pahami. Saya tidak memiliki koneksi internet yang baik, dan saya berusaha untuk tidak melakukannya. Saya hanya berusaha beristirahat selama beberapa hari untuk meluangkan waktu bersama anak saya. Jadi saya mendapatkan update berita scattershot ini, dan itu hanya salah satu “omong kosong”.

Saya pikir saat melakukan serangkaian pertunjukan komedi larut malam, saya sadar bahwa saat ini adalah saat kesadaran budaya pop semacam ini yang pasti tidak kami duga.

Bagaimana hidupmu berubah?

Hanke: Sebenarnya tidak. Saya menganggap diri saya beruntung karena bisa naik sepeda, naik feri, menyeberangi teluk yang indah setiap hari, mulai bekerja dan memikirkan bagaimana membangun permainan menyenangkan yang membuat orang di luar dan berolahraga.

Kami semakin bertambah besar dan kami tidak perlu khawatir mengenai masalah keuangan seperti sebelumnya. Kita bisa berpikir sedikit lebih jauh, sedikit lebih ambisius, tapi dalam hal hari ini tidak benar-benar berubah. Kami menyukai apa yang kami lakukan sebelumnya, kami menyukainya sekarang dan kami juga akan melakukannya dengan cara yang sama.

Ada perasaan di luar sana bahwa Pokemon Go adalah flash dalam panci, karena untuk orang biasa sepertinya tidak mendekati sama populer sekarang. Tapi saya mengerti itu masih besar dan menguntungkan. Dapatkah Anda membantu menjelaskan perbedaannya?

Hanke: Saya tidak berpikir permainan dalam sejarah memiliki budaya pop global seperti saat Pokemon Go melakukannya. Cara penyebarannya secara global begitu cepat dalam waktu singkat – ini adalah standar yang sangat tinggi untuk dikatakan “Oh, ini tidak sepopuler sekarang seperti pada bulan Juli atau Agustus 2016.”

Kami pasti melewati periode itu di mana orang berkata “Oh tidak ada banyak orang di Central Park setiap hari seperti di bulan Juli dan Agustus, jelas tidak ada yang bermain Pokemon Go lagi.”

Semacam itu tujuan kesadaran budaya pop berlalu, dan kemudian fase permainan yang benar-benar sukses dimulai.

Seberapa besar sekarang? Berapa banyak orang yang bermain ini setiap hari?

Hanke: Kami telah memasukkan beberapa nomor yang keluar.

Pada bulan April, 65 juta pemain secara aktif bermain setiap bulannya?

Hanke: ini cukup besar Anda membandingkannya dengan pemirsa agregat untuk banyak perusahaan game mobile lainnya, di mana mereka sekadar menambahkan semua game mereka bersama-sama. Itu di stadion baseball itu.

Ini menguntungkan, dan itu membuat kami menguntungkan, mana yang hebat karena memberi kita sumber daya untuk berpikir jangka panjang dan memikirkan proyek baru, serta menginvestasikan lebih banyak di Pokemon Go.

Saya telah membuat sebuah titik untuk mengatakan bahwa kita telah melipatgandakan ukuran tim yang mengerjakan Pokemon Go sejak diluncurkan, dan masih ada ratusan Pokemon lagi yang belum diperkenalkan ke game.

Kemana ini selanjutnya?

Hanke: Fokus kami untuk durasi musim panas benar-benar seputar berolahraga dan fitur serangan yang baru saja kami luncurkan dan berkembang dengan acara besar. Kami memiliki rencana untuk Chicago [Niantic’s Pokemon Go Fest] yang akan memungkinkan orang-orang di acara tersebut dan di luar acara untuk bermain bersama dengan cara yang menarik.

Bisakah Anda berbicara sedikit lebih jauh? Dari mana Anda melihat permainan berlangsung dalam jangka panjang? Perdagangan, berjuang melawan pemain lain?

Hanke: Secara tematis, sosial adalah atribut utama yang kami bangun di seputar fitur. Jadi acara Chicago, acara Yokohama di Jepang, semua itu akan menjadi bahan bagi kami membangunnya menjadi sebuah game. (nth)

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU