Friday, May 29, 2020
Home News Security Kaspersky: Komputer Mac Jarang Terkena Virus

Kaspersky: Komputer Mac Jarang Terkena Virus

-

Mac-laptopJakarta, Selular.ID – Produk-produk besutan Apple memang terkenal dari segi keamanannya. Dibandingkan dengan sistem operasi lain, Mac jarang sekali mendapat serangan virus. Lantas, apa alasan yang membuat produk Apple jarang terkena serangan virus?

Belum lama ini tepatnya Kamis (6/7/2017), perusahaan anti-virus ternama yakni Kaspersky Lab menggelar konferensi keamanan yang bertajuk Palaeontology of Cybersecurity di Suntec City, Singapura. Pada kesempatan itu, turut hadir Chief Executive Officer (CEO) Kapersky Lab, Eugene Kaspersky, yang menuturkan sejumlah laporan data terkini mengenai keamanan jaringan.

Kaspersky menyinggung bahwa semua OS sejatinya tidak akan pernah lepas dari serangan program jahat, seperti malware atau virus lainnya. Menurut laporan Kaspersky, jumlah database virus yang dimiliki oleh mereka di OS besutan Apple itu sangat sedikit.

Menurut Eugene, Kaspersky Lab hanya menemukan 53.000 ancaman yang ditujukan ke Mac OS per Mei 2017. Berbeda dengan laporan data dari sistem operasi lainnya, Eugene menyebut Windows memiliki 474 juta serangan dan Android OS besutan Google yang menerima 23 juta serangan.

Hal itu terjadi karena minimnya jumlah developer software untuk Mac OS. Dengan demikian, jumlah kejahatan pembuat program jahat untuk Mac juga sedikit.

Lebih lanjut disampaikan Eugene, dari segi keamanan sebenarnya celah keamanan di Mac lebih banyak dari Windows, tetapi tidak ada yang bikin (malware) saja di Mac.

Saat ini disampaikan Eugene, jumlah serangan ke Android meningkat begitu drastis karena kejahatan cyber sudah mulai beralih ke mobile. Menurutnya, jumlah serangan terendah virus ada di iOS, sistem operasi untuk ponsel besutan Apple. Yang jumlah serangannya hanya menyentuh angka 600.

Jumlah serangan saat ini sangatlah banyak, mereka membandingkan pada tahun 1986 hingga 2016, hanya terjadi 1 juta serangan malware. Namun setelah tahun 2016, terdapat sekitar 310.00 serangan setiap harinya. Berarti, terdapat lebih dari 2 juta serangan dalam satu minggu.(rf)

TERBARU

iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris Dunia pada Q1 2020

Jakarta, Selular.ID - Apple bisa dibilang tepat mengambil keputusan untuk merilis iPhone 11 pada...

GoCar Pasang Sekat Pelindung di Era New Normal

Jakarta, Selular. ID - Gojek meningkatkan protokol kesehatan dan standar higienitas guna membantu masyarakat...

Siap Beri Pinjaman Bunga Rendah, Julo Kantongi Izin OJK

Jakarta, Selular.ID - Di tengah maraknya penutupan perusahaan fintech ilegal di tengah suasana pandemi...

Latest